Kapolres Langkat Pimpin Rakor Ops Lilin Toba dan Pengamanan Nataru

Sebarkan:

RAKOR : Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok memimpin rakor. (foto/ist)

LANGKAT - Kapolres Langkat bersama lintas sektoral menggelar rapat koordinasi Operasi Lilin Toba 2021 dan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Aula Wira Satya Mapolres Langkat, Senin (13/12/2021). 

Rakor dipimpin langsung Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, dihadiri perwakilan Pemkab Langkat Kadis Perhubungan H.Muyono, Dandim 0203/Langkat Letkol Inf.Wisnu Joko Saputro, Danyon Marinir 8 Tangkahan Lagan Letkol Mar .Farikc M.Tr.Opla, Kabag OPS Polres Langkat, Kakan Kemenag Langkat  melalui Kasubag Tata Usaha H.Muhammad Syukri. 

Kalakhar BPBD Irwan Sahri, Kadis Kesehatan melalui Sekdis Dinkes H.Ansyari, Kadis Perindag melalui  Kasi pengadaan dan penyaluran kebutuhan penting Syailindra Ahmad Juhri Raja Gukguk. 

Kadis Pertanian melalui  Sekdis Pertanian Raslina, perwakilan Kadis Pariwisata, perwakili Kasat  Pol PP , perwakilan Kadis Kominfo, Ketua FKUB Langkat Panjang Harahap, perwakilan Ketua MUI Langkat dan para Kapolsek jajaran Polres Langkat. 

AKBP Danu mengatakan, Operasi Lilin Toba 2021 dan pengamanan Nataru merupakan tanggungjawab bersama, sekaligus mencegah pandemi COVID-19.

Untuk itu, berdasarkan hasil evaluasi maka Polres Langkat akan mendirikan tiga Pos Pam, masing-masing di Sei Karang Kecamatan Stabat, Pertokoan Stabat City dan DDesa Halaban, Kecamatan Besitang.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan Pos Pemantau objek wisata Tangkahan, Desa Namu Sialang, Kecamatan Batang Serangan, dan Bukit Lawang, Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bahorok. "Selain untuk menciptakan keamanan, kita juga mengantisipasi tidak terjadinya penumpukan pengunjung yang dapat menjadikan cluster baru COVID-19," tegasnya.

Danu menyatakan, operasi Lilin Toba 2021 pelaksanaannya harus bersinergi dengan unsur terkait, demi kelancaran dan keberhasilan. 

Terkait vaksinasi, Danu mengatakan Polres Langkat akan mengupayakan Langkat mencapai 70 persen.

Hasil rapat diketahui TNI melibatkan Personilnya  pada penjagaan Pos Pam dan Pos Pantau termasuk  pada operasi Yustisi. 

Dinkes Langkat melibatkan personil di Pos Pam/ Pos Pantau, yakni mempersiapkan Ambulance di Pos Pam dan Pos Yan. Serta mempersiapkan Sarpras Pengecekan Kesehatan masyarakat (Swab/Rapid). 

Dinas PU mensiagakan personil oprator mobil derek. Satpol PP melibatkan personil di Pos Pam dan Pos Pantau. Termasuk  pada pelaksanaan Pam Natal dan Tahun Baru pada giat operasi Yustisi. 

Dishub melibatkan personil di Pos Pam dan Pos Pantau, serta pada Pam Natal dan Tahun baru pada operasi Yustisi. Sementara Diskominfo ikut terlibat pada untuk mensosialisasikan cegah kerumunan pada Nataru. 

Memaksimalkannya lewat sosialisasi publikasikan di media sosial, media siber, surat kabar, pemasangan spanduk/banner serta himbauan keliling. Dinas Pariwista membuat surat edaran untuk pengelola obyek wisata, guna penerapan Prokes. Serta menempatkan personil pada lokasi obyek wisata guna pantau dan monitoring penerapan Prokes. 

Disperindag membuat surat edaran kepada pedagang untuk tidak berjualan di lokasi tanah lapangan/alun-alun T.Amir Hamzah, guna menghindari kerumunan pada Nataru. 

Sementara, Kadis Hub Langkat Haryono menyatakan jajaran Pemkab Langkat akan bersinergi semaksimal mungkin pada pelaksanaan operasi Lilin Toba 2021. Harapannya Nataru 2021 berjalan lancar, an aman dan baik sesuai aturan. (ril) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini