Disdik Batubara Peringati Hari Puisi Sedunia dan Resmikan Taman Literasi

Sebarkan:

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus memberikan keterangan Pers dalam kegiatan Hari Puisi Sedunia di SMP Negeri I Sei Suka. (foto/ist)
BATUBARA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Batubara memperingati Hari Puisi Sedunia yang jatuh pada 21 Maret, sekaligus meresmikanTaman Literasi di SMP Negeri I Sei Suka, Rabu kemarin.

Hari Puisi Sedunia salah satu momentum menghormati para penyair, menghidupkan kembali tradisi lisan dengan pembacaan puisi, serta mempromosikan penulis sekaligus mengajarkan puisi. Tidak hanya sebatas seni dan budaya, puisi juga merupakan penyalur pendidikan formal dan informal," kata Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus.

Dijelaskan Ilyas, literasi tidak sebatas kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis, namun makna yang lebih luas dimaana kemampuan seseorang atas sebuah pengetahuan yang kelak dapat digunakan untuk menciptakan barang atau jasa yang bermutu tinggi, dan mampu bersaing di kancah internasional. 

Literasi juga berbicara tentang apa yang mau kita produksi dan bisa dipasarkan secara luas. Kesemuanya itu bisa dipelajari dengan gemar membaca, termasuk bagaimana kita menyiapkan keterampilan yang dibutuhkan setiap siswa  seperti kualitas karakter, literasi dasar dan komtensinya. 

Sedangkan kualitas karakter terkait bagaimana siswa beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis, sedankan literasi dasar bagaimana siswa kita menerapkan keterampilan dasar sehari-hari begitu juga dengan komptensi siswa kita. "Dalam konteks ini siswa dapat berfikir kritis, punya kreatifitas, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik," pungkas mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu, ini.

Oleh karena itu, sambung Ilyas, dengan digelarnya Hari Puisi Sedunia,  akan menambah kecintaan dan motivasi berkarya kita dalam bentuk puisi semakin meningkat. Hasil karya  berupa tulisan dari siswa dan guru akan lebih banyak dicetak dan Dinas Pendidikan akan hadir membantunya. 

Untuk itu, perlu dukungan dari semua pihak baik itu dari Pemerintah, Paguyuban sekolah/Komite dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) ke depan akan semakin meningkat sehingga sarana prasarana dan kegiatan-kegiatan literasi bisa semakin ditingkatkan di masa akan datang.

Sebelumnya Kepala UPT SMPN 1 Sei Suka Maslina menuturkan bahwa Peringatan Hari Puisi Sedunia yang seyogyanya jatuh pada tanggal 21 Maret 2022, namun baru hari ini kita selenggarakan. Alhamdulillah semua rangkaian yang kita rencanakan dapat berjalan lancar ini semua berkat dukungan semua pihak. Kegiatan Peringatan Hari Puisi Sedunia ini merupakan salah satu program yang digagas Tim Literasi Sekolah yang digawangi Heri Pujiyanti, Ruslan, Nazli, Sri Asriani serta Aisyah.

Peringatan Hari Puisi Sedunia ini, yakni Lounching seribu puisi karya siswa, Launching dua buah Buku Antologi karya guru dan siswa serta tampilan dari siswa siswi berupa tari persembahan, Story Telling, Pantomim, Pembacaan Puisi yang diiringi tarian Balet kesemua ini persembahan dari sanggar Teater UPT SMPN 1 Sei Suka serta Peresmian Taman Literasi "ASRI" UPT SMPN 1 Sei Suka. 

Kegiatan dibuka dan dihadiri Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, juga tampak Kabid PNFI Disdik Safrial, Ka UPT SMPN 1 Sei Suka Maslina, Ketua MKKS SMP Surya Dharma, Panguyuban Orangtua Siswa, Kepala UPT SD dan SMP. (zein/mm) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com