Pemkab Paluta - Bank Sumut Launching KKPD

Sebarkan:
Bangun Parlaungan (tengah) didampingi Asisten III Maralobi Siregar menunjukkan MoU Pemkab Paluta dengan Kacab PT Bank Sumut Abdi Guna Tarigan (kanan) terkait penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).(foto/ist)
PALUTA (MM) - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerja sama dengan Bank Sumut Cabang  Gunung Tua menyelenggarakan Sosialisasi dan Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Aula Hotel Mitra Gunung Tua, Kamis (1/2/2024).

Turut hadir mewakili Pj Bupati Paluta Asisten III Maralobi Siregar, Kepala Cabang PT. Bank Sumut Gunung Tua Abdi Guna Tarigan, Inspektur Daerah Kabupaten Paluta Erwin Hotmansah Harahap, Pimpinan OPD, dan Bendahara Pengeluaran di lingkup Pemkab Paluta. 

Kepala BPKPD Bangun Parlaungan, dalam laporannya menjelaskan bahwa Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) merupakan amanat mandatory dari ketentuan tersendiri Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis penggunaan kartu kredit Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Lanjutnya, KKPD merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah, selain itu, KKPD juga merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tata kelola keuangan yang baik dan transparan di sektor pemerintah khususnya di Kabupaten Paluta. 

Sementata itu, Asisten III Maralobi Siregar, S.Sos., MM., dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi memberikan apresiasi atas terselenggaranya Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) ini. 

"KKPD digunakan sebagai kartu kredit untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD berupa penyelesaian tagihan belanja barang dan jasa serta belanja modal melalui mekanisme UP," katanya. 

Maralobi menambahkan, penggunaan KKPD ini dapat memberikan banyak manfaat, antara lain mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan pada OPD, meningkatkan keamanan, mengurangi potensi fraud, dan meminimalisir penggunaan uang tunai.

Maralobi berharap kepada para peserta sosialisasi untuk dapat berperan aktif dan memanfaatkan sosialisasi ini untuk menggali dan memahami hal-hal terkait penggunaan KKPD.

Kepala Cabang PT. Bank Sumut Gunung Tua Abdi Guna Tarigan dalam sambutannya mengatakan bahwa penggunaan KKPD dilakukan dengan memperhatikan fleksibilitas, keamanan, efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas. 

"Semoga dengan terlaksananya sosialisasi ini, para peserta dapat memahami dan mengoptimalkan pemanfaatan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku," ujarnya. 

Pada sosialisasi ini, pihak Bank Sumut Cabang Gunung Tua sebagai narasumber memberikan paparan materi berupa alur proses implementasi KKPD, alur penerbitan KKPD dan alur penagihan KKPD. (Yasir)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com