Ketua TP PKK Maya Zahir: Inovasi Mencegah Stunting

Sebarkan:

KetuaTP PKK BatubaraMaya Indriasari Zahir (tengah) menghadiri rakor dan sosialisasi edukasi gizi. (foto/ist)
BATUBARA (MM) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batubara, Maya Indriasari Zahir menghadiri pertemuan koordinasi dan sosialisasi edukasi gizi di Aula Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Batubara, Rabu (25/05/2022). 

Ketua TP-PKK Maya Zahir mengatakan, edukasi gizi merupakan pendekatan edukatif untuk individu/masyarakat dalam meningkatkan dan mempertahankan gizi yang baik. 

Upaya perbaikan gizi masyarakat salah satunya yakni dalam penguatan intervensi stunting, baik secara langsung di bawah sektor kesehatan maupun secara tidak langsung di bawah sektor non kesehatan. 

Maya Zahir juga menerangkan jika Batubara sudah melakukan berbagai inovasi dalam pencegahan stunting. Dimulai dari sosialisasi pemberian tablet tambah darah kepada siswi tingkat SMA, Kelas Ibu Hamil, Ayah Peduli Air Susu Ibu (ASI), yang secara khusus disosialisasikan di wilayah desa lokus. 

"Pemantauan tumbuh kembang dilakukan sejak 1000 hari pertama kehidupan, balita, anak usia sekolah, remaja, ibu hamil dan ibu nifas. Semua itu dipantau sejak dini bagaimana perbaikan gizinya. Tentu upaya-upaya ini tujuannya agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi", ungkap Maya Zahir. 

Segala upaya TP-PKK bersama Pemkab Batubara melalui Dinas Kesehatan P2KB gencar dilakukan, begitupun dengan inovasi-inovasi yang telah diciptakan dan dilaksanakan. Hal ini wajib dilakukan sesuai misi Bupati Zahir, dalam menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara masyarakat yang berdaya saing, mandiri, sejahtera dan religius. (zainuddin zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini