Bawa Pesan Perdamaian Ukraina-Rusia, Jokowi Layak Raih Nobel

Sebarkan:
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Ukraina. (foto/dok)
JAKARTA (MM) - Analis Politik Boni Hargens menyampaikan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendamaikan Rusia dan Ukraina patut mendapat apresiasi dunia Internasional. Salah satunya yakni dengan pemberian Nobel Perdamaian. “Untuk itu, Nobel Perdamaian sangat layak untuk Pak Jokowi,” kata Boni saat dihubungi di Jakarta, Senin (4/7/2022). 

Boni mengatakan keputusan Jokowi dengan mengunjungi Rusia dan Ukraina merupakan sebuah terobosan besar. Langkah yang tentunya begitu menarik perhatian masyarakat dunia. 

Sebab, lanjut dia, lawatan Jokowi ke kedua negara dilakukan di tengah situasi konflik peperangan. Bahkan diketahui sampai saat ini sudah banyak menelan korban baik dari militer maupun sipil. “Apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi merupakan terobosan besar untuk perdamaian dunia,” sambung Boni. 

Selain dari itu, menurut dia, langkah yang telah diambil Jokowi dalam menyikapi konflik antara Rusia dan Ukraina merupakan keputusan berani. Lantaran turut mempertaruhkan harga diri bangsa. 

Terlebih lagi, dia menambahkan. menjadi sikap yang belum tentu bisa diikuti oleh negara-negara lainnya. Termasuk pula bagi negara besar yang berstatus sebagai negara maju di dunia. “Banyak kepala negara menyerukan itu, tetapi hanya Presiden Indonesia yang berani melakukannya,” terang Boni. 

Oleh karena itu dia menilai tindakan yang dilakukan Jokowi dapat menjadi sebuah catatan sejarah baru. Khususnya dalam upaya untuk menciptakan perdamaian di dunia. “Ini jelas tindakan diplomatik mondial yang patut dicatat dalam sejarah dunia,” pungkas Boni. (ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini