Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus Tinjau Pelaksanaan UKG

Sebarkan:
Kepala Dinas Pendidikan Batubara, Ilyas Sitorus (dua dari kiri) meninjau pelaksanaan UKG. (foto/ist)
BATUBARA (MM) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Batubara menggelar Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2022. UKG diharapkan mampu memperkuat peran guru dalam pelaksanaan dan tugas di lapangan.

Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP, diwakili Kadisdik Ilyas Sitorus didampingi penanggungjawab UKG, Naek Pangihutan disela-sela meninjau pelaksanaan UKG di UPT SMP Negeri I Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Rabu (6/7/2022) mengatakan, UKG digelar untuk meningkatkan kompetensi masing-masing guru yang tersebar dari seluruh kecamatan. "Sebagaimana yang diharapkan Bupati, UKG ini diharapkan agar peran guru semakin kuat," tegas Ilyas.

Kali ini, sambung Ilyas, UKG diikuti 501 guru dengna tujuan memetakan tingkat kompetensi guru, misalnya kompetensi pedagogik dan profesional. Membina dan mengembangkan profesi guru sebagai tindak lanjut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan langkah awal untuk seleksi mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru), mengontrol kinerja guru." Dia berharap peserta UKG mendapatkan nilai yang baik semua nantinya," terang Ilyas.

Hal ini juga diperkuat Penanggungjawab UKG Naek Pangihutan mengatakan, pelaksanaan UKG berlangsung satu hari dengan sistem daring (online) menggunakan android atau laptop/VC yang diikuti 28 peserta di Kecamatan Talawi untuk jenjang SD dan SMP, satu dinyatakan sakit, paparnya.

Kepala Sekolah UPT SMPN 1 Labuhan Ruku Talawi, Ridan berharap peserta dapat mengisi materi  yang diujikan sehingga mendapatkan nilai baik dan dinyatakan layak, sehingga mereka akan mendapatkan Surat Kepetusan dari Bupati Batu Bara Bapak Ir. H. Zahir, M. AP., harap Ridan.

Ridan juga berharap dengan UKG nantinya diharapkan mampu memberikan dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kab Batubara. Sebab UKG dapat digunakan untuk memetakan kondisi objektif setiap guru yang dijadikan sebagai informasi penting bagi pemerintah ketika akan mengambil sebuah kebijakan terkait dengan materi dan strategi dalam memberikan pembinaan yang dibutuhkan. (zainuddin zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com