Sahanan Batubara Resmi Membuka UKW Angkatan 54 Madina

Sebarkan:
Sebanyak 26 wartawan mengikuti UKW yang digelar PWI Madina. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) - Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Drs. Syahnan Batubara membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-54 di Aula Hotel Rindang, Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Jumat (23/12/2022).

Pelaksanaan UKW di Kabupaten Madina tahun 2022 mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Wartawan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Menuju Mandailing Natal yang Mandiri, Kompetitif, Berkeadilan dan Bermartabat“.

Bupati Madina diwakili Sahnan Batubara menyambut baik pelaksanaan UKW karena merupakan suatu upaya dari organisasi pers menunjukkan kemampuan diri dan membuat standarisasi profesi wartawan.

"Secara pribadi maupun pemerintahan kami mendukung dan menyambut baik pelaksanaan UKW ini. Tentu, gunanya begitu banyak yakni wartawan yang terhimpun dalam organisasi PWI ataupun organisasi lainnya benar-benar profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai pers," katanya.

Sahnan menyebut, standarisasi wartawan melalui kompetensi yang akan dilaksanakan merupakan sebuah kesadaran insan pers betapa pentingnya wartawan yang berkualitas. 

Dikatakannya fungsi pers yang dijalankan wartawan seperti undang-undang yang diamanatkan merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 yang mengatur tentang pers.

"Karena wartawan yang berkualitas dan berkualifikasi akan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui tulisan-tulisan yang berkualitas pula. Saudara dalam menjalankan fungsi itu dibekali dengan kode etik jurnalistik," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan apabila fungsi sosial kontrol dijalankan dengan benar, bijak dan mengacu pada kode etik maka akan membawa perbaikan bagi pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Silahkan ambil ilmu cerdas dari narasumber yang kita hadapi hari ini. Jadikan UKW ini untuk menghasilkan wartawan yang memiliki kompetensi yang lebih baik," katanya.

Panitia UKW, Ahmad Duroni Nasution d menyampaikan bahwa pelaksanaan UKW ini, Pemkab Madina melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara.

Duroni Nasution menyebut, sebelum dilaksanakannya UKW, pihaknya dan panitia pelaksana sudah dahulu melakukan seminar hukum tentang pembekalan terdahap seluruh peserta dengan menghadirkan narasumber pemberi materi dari Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof Dr Ramlan M.Hum.

Adapun dasar Pemkab Madina menyelenggarakan UKW ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan urusan pemerintahan,

"Kemudian, menindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbub) Madina Nomor 3 Tahun 2022 tentang pedoman pelayanan informasi dan dokumentasi, Peraturan Bupati Madina Nomor 14 tahun 2022 tentang kedudukan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja Diskominfo Kabupaten Madina," jelasnya.

Sementara dasar pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya; Pertama, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Diskominfo Tahun 2022. Kedua, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1999 tentang pers. Ketiga, Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2018 tentang standar kompetensi wartawan.

Terakhir, Duroni menjelaskan dilaksanakannya UKW bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dengan pers serta adanya peningkatan kompetensi dan kapasitas wartawan sehingga informasi dan pencapaian tentang kendala-kendala hambatan dan peluang dalam hal pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan dapat tersampaikan kepada masyarakat serta pengguna informasi secara benar dan akurat.

"Maka dari itu kita laksanakan UKW tanpa memandang background dan latar belakang mana atau organisasi dan media pihak manapun," imbuhnya.

Dalam pembukaan pelaksanaan UKW itu juga dibarengi penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi 13 orang Anggota PWI Madina dan UKW angkatan 54 ini diikuti 26 peserta. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com