Kunker ke Polsek Jajaran, AKBP Danu Intruksikan Empat Pesan Penting

Sebarkan:
Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo melakukan kunker ke jajaran Polsek. (foto/istimewa)
MUSI RAWAS (MM) – Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Danu Agus Purnomo didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Anggitta Danu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mapolsek Purwodadi dan Polsek Megang Sakti, Rabu kemarin.

Sebelumnya AKBP Danu dan rombongan melakukan kunjungan kerja di dua Polsek, masing-masing Polsek Tugumulyo-Polsek Terawas. Kunjungan didampingi Kabag Ops Kompol Johan Suseno, Kasat Reskrim AKP Muhammad Indra Prameswara, Kasat Binmas AKP Harun dan Kasi Propam, Iptu Susilo.

Rombongan Kapolres disambut  Kapolsek Purwodadi, Iptu Dedi Purnomo beserta jajaran Polsek Tugumulyo, serta Kapolsek Megang Sakti, Iptu Fauzan Aziman beserta jajaran Polsek Megang Sakti.

Dalam pertemuan ini, Kapolsek Purwodadi, Iptu Dedi Purnomo memaparkan situasi Kamtibmas di wilayah Polsek Purwodadi sampai saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif, kemudian jumlah personel yang bertugas di Polsek Purwodadi, berjumlah 16 personel terdiri dari 5 Bhabinkamtibmas dengan 9 desa binaan dan 2 kelurahan.

"Namun kembali lagi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif ini tidak terlepas dari sinergitas antara Polsek Purwodadi bersama pihak Danramil, pihak pemerintah kecamatan hingga ke pedesaan serta seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Purwodadi," jelas Kapolsek.

Sementara itu, Kapolsek Megang Sakti, Iptu Fauzan Aziman juga mengatakan, jumlah personil yang ada di Polsek Megang Sakti saat ini berjumlah 21 personil meliputi 8 Bhabinkamtibmas yang tersebar di wilayah hukum Polsek Megang Sakti, selain itu juga di backup sekaligus bersinergi bersama dengan Danramil dan unsur pemerintahan khususnya di wilayah hukum Polsek Megang Sakti.

"Dan mengenai situasi Kamtibmas sampai saat ini situasi Kamtibmas di Polsek Megang Sakti masih aman nyaman dan kondusi. Kejadian tindak pidana di wilayah hukum Polsek Megang Sakti tidak statistis tapi dinamis yang mana kejahatan berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat," jelas Kapolsek.

Dalam kesempatan itu,  Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH mengatakan bahwa hari ini merupakan hari kedua saya bersama Ketua Bhayangkari Cabang Mura, beserta PJU Polres Mura, melakukan kunker ke Polsek jajaran.

"Tentu saja kami kunker ini dengan tujuan untuk bersilaturahmi sekaligus mengetahui situasi kondisi Polsek beserta personel maupun lingkungan serta mengetahui informasi dari pihak pemerintah setempat baik dari camat, lurah, kepala desa maupun dari masyarakat," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, setelah melakukan kunker khususnya di Polsek Purwodadi dan Polsek Megang Sakti, bahwa untuk situasi di wilayah hukum kedua Polsek sampai saat ini masih aman dan kondusif, baik dari situasi personel, situasi mapolsek hingga lingkungan sekitar (masyarakat).

Ada beberapa atensi yang ingin saya sampaikan khusus untuk anggota Polsek serta seluruh pemerintah mulai pemerintah kecamatan, kelurahan serta pedesaan di antaranya pertama kiranya kita bersama-sama untuk meningkatkan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing apalagi saat ini diera politik, dan saat ini juga sedang berlangsungnya Operasi Sikat Musi 2023, dengan sasaran 3C dan tindak kejahatan lainnya.

Kedua, mengintruksikan kepada personel polsek maupun pemerintah setempat, kiranya mensosialisasikan sekaligus mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena sampai saat ini di Provinsi Sumsel termasuk Mura merupakan penyumbang titik hotspot terbesar, apalagi saat ini masa elnino/cuaca ekstrem.

Kemudian, ketiga saat ini sudah ada maklumat mengenai pesta malam yang mengarah ke arah musik remix ataupun DJ, ini juga merupakan salah satu rentan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan baik terjadinya penyalahgunaan narkoba maupun minuman keras yang nantinya mengarah ke gangguan Kamtibmas.

Oleh sebab itu kiranya, mari kita bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menyalakan atau menggunakan musik remix ataupun DJ saat pelaksanaan hajatan.

Keempat, saat ini sudah mulai diberlakukan tilang manual jadi kiranya kepada pengendara baik roda empat (mobil) maupun roda dua (motor), untuk melengkapi surat kendaraan dan yang paling penting kiranya saat berkendara untuk menggunakan helm dan tidak melebihi muatan, karena jujur saja sampai saat ini masih banyak dan masih sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang bukan hanya mengakibatkan luka, namun tidak sedikit menelan korban nyawa.

"Dan terakhir, seluruh personel, baik Polres maupun Polsek, telah menyebarkan nomor Bantuan Polisi baik langsung ke nomor Polres Mura maupun langsung ke Polda Sumsel, kiranya apabila ada hal-hal negatif yang sifatnya gangguan kamtibmas, tindak kriminalitas kiranya untuk segera melaporkan dengan menggunakan Nomor Bantuan Polisi, sehingga kami pihak kepolisian bisa secepatnya melakukan tindakan," tutur Kapolres.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Polsek Purwodadi dan Polsek Megang Sakti, Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Anggitta Danu menyempatkan diri melaksanakan kegiatan Bhayangkari Peduli yakni kegiatan Bantuan Sosial (Bansos), sedikit memberikan bantuan sekaligus santunan sembako kepada warakauri dan masyarakat yang membutuhkan, sebagai salah satu bentuk perhatian sekaligus kepedulian Bhayangkari Cabang Mura kepada masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Mura.

Selain itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo juga memberikan multivitamin kepada personil yang bertugas di Polsek Purwodadi dan Polsek Megang Sakti, sebagai salah satu bentuk perhatian sekaligus kepedulian kepada personil saat menjalankan tugas. (subari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com