Sumber Air Bersih Tenaga Gravitasi Tak Kunjung Dibangun Terkendala Dana

Sebarkan:

Kabid Cipta Karya PUTR Toba, Untung Sirait. (foto;mm/ist)
TOBA (MM) - Pemerintah Kabupaten Toba, melalui Bidang Cipta Karya dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) telah berupaya mengatasi sumber air bersih tenaga gravitasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat dengan menyurati Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra Utara sejak tahun 2019, namun hingga kini belum dianggarkan. 

Demikian disampaikan, Kabid Cipta Karya PUTR Toba, Untung Sirait pada Sabtu (04/11/2023) telah ada upaya membuka jaringan baru sumber air minum dengan biaya operasional yang minimum dengan memanfaatkan tenaga gravitasi bumi di Aek Margumis, Kumbang Lobu, Kecamatan Bonatualunasi, Kabupaten Toba. 

"Sumber air tersebut sudah pernah dilakukan survei oleh BWS dan sudah memenuhi kelayakan dengan kapasitas air mencapai 20 liter perdetik. Untuk pembangunan bak dan pipa dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, sekitar 40 Miliar. Menggunakan APBD Toba sangat tidak mungkin," kata Untung. 

Terpisah, Sekretaris Daerah, Kabupaten Toba, Augus Sitorus membenarkan pengusulan SPAM IKK yang terletak di Kecamatan Bonatualunasi telah disampaikan, tetapi kemungkinan masih dalam proses disebabkan masih ada perioritas yang lebih layak lagi pembangunan SPAM untuk peningkatan sumber air bersih di Caldera Resort, Sibisa, Kecamatan Ajibata. 

"Kendati demikian kita akan susul terus ke BWS dan PUPR Provinsi bahkan sampai ke Kementerian, agar pembangunan SPAM IKK menjadi perioritas di Aek Margumis, Kecamatan Bonatualunasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat sekitar, " pungkas Augus pada Senin (06/10/2023). (nimrot)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com