Makame Rempah UMKM Medan Mengikuti ‘Herb Euphoria Fest’ di Sarinah Mall Jakarta

Sebarkan:
Founder Makame Rempah sebagai Nara Sumber Talk Show "Herb Euphoria Fest". (foto/ist)
JAKARTA (MM) - Makame Rempah, salah satu UMKM produsen minuman rempah asal Medan lulus kurasi dari rumah BUMN Medan di bawah binaan Bank Mandiri dan berhak mengikuti 'BAZAR UMKM UNTUK INDONESIA" di Sarinah Mall, Jakarta  yang berlangsung tanggal 20 - 23 Juni 2024.

Acara bazar UMKM diselenggarakan Kementerian BUMN dengan tema "Herb Euphoria Fest". Pameran ini digelar di Jakarta dan Bali yang diharapkan mampu membawa produk herbal Indonesia mendunia. 

Rahma Yulia selaku Founder Makame Rempah merasa senang dan berterima kasih kepada Rumah BUMN Medan karena mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan.

"Saya merasa senang dan berterima kasih kepada Rumah BUMN Medan, karena usaha kami bisa ikut serta dalam kegiatan pameran ini. Selain bisa memperluas pasar, kami juga dapat memperkenalkan produk minuman rempah kami," ungkap Rahma.

Acara ini dibuka Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting. Loto mengatakan pameran diikuti 100 UMKM. Mereka berasal dari berbagai wilayah Indonesia yang banyak menghasilkan produk rempah-rempah dan herbal dan produk berbahan alam dan natural lainnya.

“Potensi produk rempah-rempah dan yang dihasilkan oleh UMKM kita untuk menembus pasar global itu besar sekali. Jadi kita menyediakan wadah pemasarannya sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada para pelaku UMKM,” kata Loto di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2024).

Loto menerangkan ada lebih dari 100 jenis produk olahan jamu, herbal, aromatherapy, makanan dan minuman, beauty and wellness. Ada pula produk fesyen ramah lingkungan (eco print) dan kerajinan berbasis bahan-bahan alami yang akan memikat mata pengunjung.

Hadir di acara pembukaan bazar, Komisaris Independen Bank Mandiri, Loeke Larasati Agoestina. Loeke menyampaikan bahwa Bank Mandiri berkomitmen terus membantu bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas. 

Founder Makame Rempah bersama peserta Bazar dari seluruh Indonesia. (foto/ist)
"Bank Mandiri berkomitmen terus membantu bisnis UMKM untuk naik kelas, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan bazar UMKM seperti ini," ungkap Loeke.

Makame Rempah juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi cerita dan pengalaman dalam memulai usaha dalam kegiatan Talk Show yang diadakan oleh penyelanggara.

"Usaha kami berdiri disaat pandemi pada tahun 2020 yang diawali dengan membuat minuman rempah  berbentuk butiran gula seperti Jahe Merah, Kunyit,  dan Temulawak. Kemudian kami melakukan inovasi produk minuman rempah tanpa gula dan snack berbahan dasar rempah," kata Rahma.

"Alhamdulillah, pasar merespon cukup baik karena saat ini perilaku masyarakat untuk hidup sehat dengan minum minuman rempah semakin meningkat. Produk kami hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan kepraktisannya," tambah Rahma.

Acara bazar UMKM untuk Indonesia ini di isi oleh berbagai kegiatan yang bisa dinikmati oleh pengunjung secara gratis, seperti Kompetisi Meracik Jamu, Pawai Herbal, Business Consulting, Wellness Program yaitu Free Flow Jamu, Massage Corner dan penampilan spesial dari artis RAN.

Bazar UMKM untuk Indonesia ini didukung oleh Bank Mandiri, Pelindo, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan Perhutani. (tan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com