Cegah PMK, Bupati Surya Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Ternak di Asahan

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya BSc meninjau pelaksanaan vaksinasi ternak di Kecamatan Air Batu. (foto.ist)
ASAHAN (MM) - Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan melaksankan vaksinasi PMK secara massal tahap I, Senin (18/7/2022).

Vakasinasi tahap I dilakukan di 5 Desa Kecamatan Air Batu yakni Desa Air Teluk Kiri, Desa Air Genting, Desa Hessa Air Genting, Desa Danau Sijabut dan Desa Hessa Perlompongan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan Drh. Yusnani mengatakan, jumlah ternak yang akan divaksin aftopor sebanyak 400 ekor sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 400 dosis dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

"Untuk petugas yang akan melaksanakan kegiatan adalah medik dan paramedik veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 27 orang yang terdiri dari 5 orang medik veteriner dan 22 orang paramedik veteriner yang dibagi dalam dua tim," papar Yusnani.

Bupati Asahan H. Surya, BSc, mengatakan kita bersyukur untuk tahap pertama ini Kabupaten Asahan mendapat kuota 400 dosis vaksin PMK.

Adapun kriteria ternak sapi yang layak divaksin adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya dan setelah dilakukan screening maka Kecamatan Air Batu memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap I sesuai dosis yang tersedia. 

Bupati mengatakan, untuk vaksinasi tahap selanjutnya kita masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, jadi bagi masyarakat peternak yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap I ini harap bersabar dan kami akan terus berusaha untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah kita.

Dikesempatan ini Bupati Asahan bersama dengan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kasat Pol PP Kabupaten Asahan, Kadis Perhubungan Kabupaten Asahan, Kadis Pertanian Kabupaten Asahan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Asahan, Unsur Forkopimcam Air Batu dan tamu undangan lainnya melihat proses penyuntikan vaksin kepada hewan ternak. (ismanto)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com