Plt Bupati Langkat Sambut Kunjungan F-MIPA USU

Sebarkan:

Plt Bupati langkat H. Syah Afandin berfoto bersama peserta uadiensi. (foto/ist)
LANGKAT (MM) – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH, menerima kunjungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Universitas Sumatera Utara (USU) program studi S1 Fisika, di Ruang Kerja Wakil Bupati, Selasa ( 26/7/2022).

Kunjungan dipimpin Ka Prodi S1 Fisika USU, DR. Tulus Ikhsan Nasution, SSi, MSC, dalam rangka bersilaturahmi dan sinergitas Fakultas F-MIPA USU program studi S1 Fisika dengan Pemkab Langkat, dalam rangkaian program Merdeka Belajar/Kampus Merdeka (MBKM). 

Dalam pertemuan silaturahmi ini, Syah Afandin sangat mendukung pelaksanaan MBKM dan siap untuk bekerjasama yang akan dikolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Perikanan Langkat. 

Plt Bupati Langkat mengatakan pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan melaksanakan penerapan dan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) serta penelitian Dosen yang akan diaplikasikan bersama BUMDes Berkah Bersama, dalam bentuk terapan pengetahuan dengan menggunakan alat kontrol kualitas air kolam ikan otomatis, alat kontrol kelembaban dan suhu, serta Media Maggot BSF sebagai bahan pengganti pakan (Pelet) ikan. 

Tentunya program ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan masyarakat serta meningkatkan penghasilan dan perekonomian khususnya masyarakat Desa Teluk Meku, Kecamatan Babalan. Juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat pembudidaya ikan ditempat lainnya. 

Sementara Kaprodi S1 Fisika USU DR Tulus Ikhsan Nasution SSi MSC mengatakan, alat tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat pembudidaya ikan. Dalam mengatasi dampak negatif penurunan kualitas, kelembaban dan suhu air kolam diakibatkan air hujan, yang mengakibatkan tingginya kematian ikan. 

Serta media Maggot Black Soldier Fly, untuk menghasilkan maggot dengan produktivitas tinggi. Dimana magot BSF ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai pakan ikan tinggi protein, sebagai alternatif pengganti pakan ikan (pelet). (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini