Pemberdayaan Masyarakat Germas di Berbagai Tatanan Tingkat Asahan

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya BSc. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Asahanm, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan ini dibuka Bupati Asahan H, Surya BSc, dihadiri Sekdakab John Hardi Nasution, Kadinkes Asahan dr. Nanang Fitria Aulia, Sp. PK, Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Mega Karyati M. Kes, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, FKUP, Organisasi Profesi (Kesehatan) dan tamu undangan lainnya.

Kadinkes Asahan dr. Nanang Fitria Aulia, Sp. PK mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memperkuat sinergitas lintas sektoral, baik tingkat provinbsi hingga kabupaten, termasuk Asahan. Kegiatan diikuti 120 peserta etrdiri dari OPD, Kelompok Peduli Kesehatan, Kelompok Mitra Potensial Kesehatan, Institusi Pendidikan, Kepala Puskesmas, RSU, Kamtibmas dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama. Oleh karena itu, Kadinkes mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama mewujudkan Asahan Sehat 2023.

Dalam kesempatan ini, Bupati Surya memberikan Piagam Kesehatan kepada mitra Kesehatan secara simbolis kepada Yayasan Mentari Meraki Asa, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Ketua IDI Asahan dan Kepala Bapeda Kabupaten Asahan.

Bupati Surya mengatakan, Germas menjadi salah satu pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Ada 5 fokus kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat, peningkatan pangan dan gizi seimbang, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan.

Selanjutnya Bupati mengatakan kegiatan kita hari ini dirangkai juga dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku", tema ini dipilih karena menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu menyelesaikan pandemi covid-19 yang telah 3 tahun melanda kita. 

"Perayaan HKN tahun ini hendaknya juga bukan sekedar perayaan pertambahan usia, tetapi menjadi momentum yang baik untuk kita mereview, menginstropeksi serta berbenah atas berbagai permasalahan yang ada demi kemajuan pembangunan kesehatan di Indonesia," ucap Bupati.

Diakhir kegiatan Bupati Asahan memotongan nasi tumpung dalam rangka HKN ke-58 dan pelepasan balon serra penandatanahan komitmen bersama untuk pemberdayaan Germas di Kabupaten Asahan. (Ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini