KKSU 2023 Kemandirian UMKM Sumut

Sebarkan:

MEDAN (MM) - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu Pilar penopang perekonomian Sumatera Utara yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Doddy.

Jumlah seluruh UMKM dan tersebar di wilayah Sumut  serta sifat UMKM yang sangat padat karya mempunyai potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang besar dan peningkatan pendapatan sehingga tidak dapat dimungkiri lagi bahwa UMKM merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru berkelanjutan di Sumut.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Doddy Zulverdi, menuturkan bahwa kegiatan KKSU tahun 2023 yang digelar 16-19 Maret 2023 merupakan salah satu upaya BI dalam mengawal pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Sumut,ungkapnya.

“Upaya pemulihan ekonomi dan memberikan kesempatan bagi UMKM Potensial Sumatera utara untuk mempromosikan produknya, meningkatan kapasitas produksi dam penjualan, mendorong digitalisasi, serta memperluas jalinan relasi dengan pihak lain termasuk pelaksanaan business matching, Kantor Perwakilan Bank lndonesia Sumatera Utara menyelenggarakan Karya kreatif Sumatera Utara (KKSU) Tahun 2023,” Jumat (17/3/2023).

Doddy Zulverdi menuturkan bahwa kegiatan KKSU tahun 2023 yang digelar 16-19 Maret 2023 merupakan salah satu upaya BI dalam mengawal pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Sumut.

“Sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi dan memberikan kesempatan bagi UMKM Potensial Sumatera utara untuk mempromosikan produknya, meningkatan kapasitas produksi dalam penjualan, mendorong digitalisasi, serta memperluas jalinan relasi dengan pihak lain termasuk pelaksanaan business matching, Kantor Perwakilan Bank lndonesia Sumatera Utara menyelenggarakan Karya kreatif Sumatera Utara (KKSU) Tahun 2023,” Jumat (17/3/2023).

Pagelaran KKSU 2023  kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) meningkatkan edukasi, literasi, dan awareness masyarakat serta stakeolder dalam mendorong kemajuan UMKM khususnya di Sumut.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesa (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), serta mendukung program Bank Indonesia 45 Juta Mershant QRIS dengan menampilkan produk-produk unggulan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia.

Dijelaskan Doddy Zulverdi, “KKSU 2023 tahun ini mengangkat tema ‘Ragam Kreasi Budaya dan Persona Kopi Sumatera Utara’. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara terutama pada sektor kopi,” jelas Doddy.

Diperkembangan ekonomi digital, banyak perusahaan marketplace dan startup membantu UMKM memanfaatkan platform e-commerre, teknologi finansial, dan pembayaran digital, termasuk di dalamnya Bank Indonesia dengan mengiaisiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah diimplementasikan di berbagai sektor.

“Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara untuk berpartisipasi dan berkontribusi nyata dengan membeli dan menggunakan produk UMKM dalam negeri. Melalui acara KKSU diharapkan. UMKM Sumatera Utara makin kuat, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju,” pinta Doddy.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com