PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Pergelaran Aquabike World Championship

Sebarkan:

SAMOSIR (MM) – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga kerahasiaan pasokan listrik saat kejuaraan jetski Internasional Aquabike World Championship (AWC) tanggal 22 hingga 26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Untuk memastikan persiapan tersebut, Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan (EVP ODS) PT PLN (Persero) Kantor Pusat, Agung Nugraha bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Awaluddin Hafid meninjau venue water front city yang akan dipakai dalam kejuaraan internasional tersebut.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan yang dipimpin langsung oleh Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan (EVP ODS) PT PLN (Persero) Kantor Pusat di Panguruan (15/11/2023).

Agung Nugraha mengatakan seluruh infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran Aquabike World Championship telah rampung 100 persen. Ia juga menyampaikan untuk terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi Andal.

“Infrastruktur Kelistrikan sudah rampung 100 persen. PLN akan mengawal pasokan listrik selama perhelatan ini berjalan dengan baik. Selain itu, PLN telah melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi telah dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik,” ungkap Agung Nugraha.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid menyampaikan PLN juga telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA). Sistem ini teringtegrasi dari Gardu Hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di venue.

“Simulasi pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 2 detik”, pungkas Awaluddin.

Kelistrikan di seluruh venue gelaran Aquabike World Championship akan terus dipantau dan dipastikan aman. Pengecekan secara berkala akan dilakukan oleh petugas dan puluhan srikandi PLN guna mendukung keberhasilan mulai dari pembukaan, puncak acara dan penutupan.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini