Ini 7 Konten Populer TikTok Selain Joget-joget dan Challenge

Sebarkan:

MEDAN - TikTok dinobatkan menjadi website paling populer 2021. Bahkan, dominasi TikTok kalahkan gerombolan grup Google dan Meta.

Memang TikTok merupakan platform yang identik dengan joget-joget di depan layar ponsel. Namun rupanya terdapat beberapa guna dan ragam konten TikTok.

Selain joget, TikTok juga menjadi tempat bagi orang-orang menjawab tantangan atau challenge yang tengah viral.

TikTok bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi yang lebih menyenangkan, termasuk untuk informasi yang sifatnya serius, sebagaimana dilansir dari laman cnnindonesia.com, Minggu (26/12/2021).

Berikut sejumlah ragam konten TikTok populer selain joget-joget.

1. Edukasi

Bukan hal baru kita temui dokter, psikolog, atau akademisi di platform TikTok. Konten edukasi bisa jadi konten alternatif bagi pengguna TikTok yang merasa joget-joget itu kurang penting.

Sejumlah konten edukasi kesehatan dan keuangan sempat viral, dan masuk FYP TikTok karena disaksikan dan disukai banyak orang.

Beberapa dosen perguruan tinggi negeri di Indonesia bahkan menggunakan TikTok sebagai sarana mengajar, salah satunya akun Buiramira, yang merupakan seorang dosen Komunikasi dari Unpad.

Dengan konten-konten edukasi, hingga saat ini ia telah mengumpulkan 13 juta likes dan 794 ribu pengikut.

2. Resep Masak

Meski durasi terbatas, sejumlah kreator TikTok juga menggunakan platform tersebut untuk berbagi resep makanan dan cara memasak.

Menjadi sebuah sensasi baru bagi pengguna menyaksikan resep singkat, padat, dengan format video potrait.

Sejumlah konten masak di TikTok menjadi viral, dari yang serius sampai yang bercanda.

Kreator TikTok masak di Indonesia antara lain adalah akun masakansimple. Dengan video masak singkat, padat, dan jelas, akun tersebut telah mengumpulkan 22 juta likes dan 1,9 juta pengikut.

Beberapa resep masakan bahkan populer karena platform ini, seperti kopi dalgona, hingga mango sagoo.

Ada juga pengguna TikTok yang memamerkan masakan mahal dan 'ekstrem', salah satunya Sisca Kohl.

3. Rekomendasi Makanan dan 'Hidden Gem'

Selain masak, TikTok juga jadi lahan bagi para food vloger alias pengulas makanan. Selain mengulas makanan, biasanya beberapa kreator juga memberi rekomendasi makanan atau tempat makan.

Biasanya konten dilengkapi dengan info-info teks singkat mengenai makanan, serta ulasan rasa mengenai tempat makanan yang sedang dituju.

Selain tempat makan, ada juga rekomendasi tempat berlibur, spot foto, atau tempat nongkrong yang biasanya dikategorikan sebagai 'Hidden Gem' oleh kreator TikTok.

'Hidden Gem' kerap diartikan tempat menarik yang belum banyak orang tahu. Konten-konten tersebut biasanya membuat tempat-tempat yang awalnya tak banyak tahu, jadi populer dan ramai dikunjungi.

4. Tips Kehidupan

Tips-tips kehidupan tak ketinggalan menjadi konten favorit di TikTok. Tips kehidupan beragam, mulai dari tips melamar kerja, tips bicara depan umum, dan lain-lain.

Hal-hal yang lebih ringan seperti padu-padan pakaian, outfit of the day, hingga cara menghibur diri juga ada di TikTok.

Inspirasi foto, cara merekam video, hingga cara membuat transisi juga ramai beredar di TikTok.

Perpaduan teks, audio, dan video singkat membuat hal-hal yang biasanya dibahas panjang lebar menjadi lebih singkat, padat, dan jelas.

5. Komedi

Konten komedi juga kerap memenuhi FYP TikTok para pengguna karena mudah bagi konten tersebut untuk disukai.

Banyak nama seleb televisi di kategori ini, yang mencoba peruntungan menjadi seleb TikTok. Dua pasangan yang kerap menampilkan konten komedi adalah Inul Daratista dan Adam Suseno, serta Nicta Gyna dan Rizki Kinos.

Selain itu, ada juga beberapa nama yang populer dari TikTok seperti aulianuzl atau tutorial hidup dan Ehan Brenda. Tanpa sebelumnya populer di TV, mereka sudah bisa meraup jutaan pengikut di TikTok.

Konten komedi biasanya berbentuk parodi atau dialog lucu, yang dalam durasi singkat cukup untuk membuat sebuah konten lucu dan menjadi viral.

Kategori ini juga merupakan kategori yang membuat seleb TikTok Khaby Lame menjadi yang paling populer di dunia.

6. Musik

Ada juga orang yang memanfaatkan TikTok sebagai wadah berkarya musik. Sejumlah musisi memlai karier dengan mengunggah potongan dirinya bernyanyi.

Konten nyanyi juga kerap digemari. Salah satu musisi muda Idgitaf meraih popularitasnya di TikTok. Kini ia telah mengumpulkan 50 juta lebih likes dan 2,5 juta pengikut di TikTok.

Ada juga nama-nama lain yang telah populer sebelumnya di televisi atau industri yang kini menjadikan TikTok wadah mengumpulkan popularitas, seperti di antaranya Khaleb J dan Chakra Khan.

7. Akting/Dubbing

Salah satu ciri khas pengguna TikTok juga adalah akting singkat atau dubbing dengan audio yang sudah ada sebelumnya.

Ekspresi-ekspresi lucu, marah, hingga sedih biasanya juga menarik bagi banyak pengguna TikTok.

Biasanya, sudah ada audio yang tersedia di platform. Selanjutnya, pengguna hanya meniru dan bergerak sesuai dengan tren yang mengikuti audio atau suara tersebut.

Itulah sejumlah konten TikTok populer selain dance challenge atau joget-joget. TikTok kini menjadi salah satu media sosial paling banyak digunakan.(red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini