Lewat Sepak Bola, Wali Kota Bobby Nasution Bangun Kolaborasi Antar Daerah di Sumut

Sebarkan:

PERSAHABATAN : Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam pertandingan persabahatan antar kabupaten kota di Sumut. (foto/ist)
MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution juga membangun komunikasi yang baik dengan sejumlah kepala daerah di Sumatera Utara.  Salah satu upaya membangun komunikasi yang dilakukan, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menggelar pertandingan sepak bola persahabatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemko) di Stadion Teladan Medan selama dua hari, 10-12 Desember. 

Selain terbangun komunikasi yang baik, event ini juga diharapkan dapat menjadi ajang merajut silaturahmi yang lebih erat lagi.

Ada 5 Kabupaten/Kota yang ikut serta dalam pertandingan eksibisi tersebut, yakni Pemko Pematang Siantar, Pemko Binjai, Pemkab Deli Serdang, Pemkab Tapanuli Tengah dan Pemkab Serdang Bedagai serta Pemko Medan sebagai tuan rumah.

Dengan komunikasi dan silaturahmi yang terjalin dengan baik, Bobby Nasution optimis dapat membangun kolaborasi antar pemerintah daerah guna mendukung pembangunan yang dilakukan masing-masing daerah. 

Selama dua hari pertandingan berlangsung, Bobby Nasution tampak mesra dengan kelima kepala daerah sebagai indikasi kualitas kepemimpinannya.

“Alhamdulillah, pertandingan berlangsung sukses dan semakin mempererat silaturahmi kita. Insya Allah ke depan, kita berharap pelaksanaannya semakin baik lagi. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan kepala daerah yang telah meluangkan waktu untuk datang ke Kota Medan dan bertanding bersama,” kata Bobby Nasution usai pertandingan beberapa hari lalu.

Usai pertandingan final di Stadion Teladan Medan yang mengantarkan Pemko Medan sebagai juara setelah mengalahkan Pemkab Deliserdang 4-1, orang nomor satu di Pemko Medan ini selanjutnya mengajak para kepala daerah ke Balai Kota Medan untuk menghadiri gelaran kegiatan Beranda Kreatif yang menampilkan sejumlah pertunjukan seni, musik dan budaya serta stand-stand UMKM berupa hasil kerajinan dan kuliner. 

Setelah menikmati berbagai pertunjukan, di akhir acara, Bobby Nasution menyerahkan hadiah kepada Tim Pemko Medan yang juga diperkuat unsur Forkopimda Kota Medan. Bahkan, Bobby juga membawakan oleh-oleh khas Kota Medan kepada seluruh tim dari luar daerah.

Pertandingan persahabatan sepak bola antar pemkab/pemko di Sumut yang digelar Bobby Nasution mendapat sambutan baik dari mantan pemain PSMS Medan Saktiawan Sinaga. Dikatakannya, upaya yang dilakukan Bobby Nasution sangat bagus dilakukan karena dapat memacu animo kepala daerah lain untuk menggelar hal serupa. Apalagi, ungkapnya, itu baru pertama terjadi di Kota Medan.

“Semoga  kegiatan ini menjadi penggerak bagi kepala daerah lain untuk melakukan pembinaan pada atlet-atlet muda sepak bola. Sebab, saya yakin banyak talenta pesepakbola yang dimiliki setiap daerah. Saya sangat mendukung sekali jika hal serupa dapat kembali dilakukan pada waktu mendatang,” ungkap Saktiawan yang juga merupakan mantan striker Timnas Indonesia tersebut.  

Dukungan senada disampaikan dosen Fakultas Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (PJKR UPMI) Medan Abdul Latif Rusdi SPd MPd.  

Dikatakannya, pertandingan sepakbola yang diinisiasi Bobby Nasution yang melibatkan sejumlah kepala sangat positif karena menjadi ajang silaturahmi. Lebih dari itu, imbuhnya, para kepala daerah juga dapat saling berdiskusi dan berkoordinasi terkait permasalahan-permasalahan olahraga maupun program pembangunan.

"Hal ini tntunya menjadi bukti bahwa Pak Wali Kota memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Artinya, masyarakat juga dapat lebih bergairah untuk berolahraga karena melihat pemimpinnya melakukan hal yang sama," ujar Latif yang juga seorang guru olahraga di SMPN 39 Medan sekaligus Ketua Pengkot Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Medan tersebut. (rizal/mm)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini