Tanggulangi Stunting, Pemkab Asahan Pantau Status Gizi Anak Sesuai Umur

Sebarkan:

STUNTING : Dinkes Pemkab Asahan lakukan pengukuran dan publikasi stunting.(foto/ist)

ASAHAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Asahan melakukan pengukuran dan publikasi stunting, di Aula Hotel Sabty Garden Kisaran, Kamis (09/12/2021).

Peserta kegiatan terdiri dari Kepala Bappeda  sekaligus Ketua Tim Stunting Kabupaten Asahan, OPD terkait, TP. PKK Asahan, Dharma Wanita Asahan, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa (Lokus Stunting).

Plt Dinkes Asahan dr.Hari Sapta mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengetahui status gizi anak sesuai umur, dan mengukur prevalensi stunting tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, secara berkala.

Bupati Asahan diwakili Kepala Bappeda H.Zainal Aripin Sinaga mengatakan, guna mendukung integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting dibutuhkan 8 aksi untuk memperkuat efektivitas intervensi stunting yang dimulai dari, analisa situasi program penurunan stunting, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting, Peraturan Bupati, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting serta review kinerja tahunan.

Dengan adabta pengukuran dan publikasi stunting, pemerintah dapat mengetahui status gizi anak sesuai umur, mengukur prevalensi stunting tingkat desa secara berkala. 

"Hal ini sejalan dengan visi misi Bupati yaitu mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter," ujarnya.

Kepala Bappeda juga mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Asahan Nomor 34 Tahun 2021, tentang Percepatan Pencengahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi. (panjaiatan/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini