Elektabilitas Capres Muhaimin Tempel Ganjar dan Prabowo di Jateng

Sebarkan:

JAKARTA - Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Muhaimin Iskandar menempati urutan tiga besar elektabilitas calon presiden (capres) 2024 se-Jawa Tengah. 

Temuan itu merupakan hasil survei melalui polling yang dilakukan Jaringan Informasi Rakyat pada 12-19 Februari 2022.

“Nama Prabowo Subianto sebagai capres di Jawa Tengah menempati urutan teratas dengan raihan sebesar 19,7%, disusul disusul Ganjar Pranowo sebesar 18,4%. Sementara pada posisi ketiga ditempati Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar sebesar 17,3%,” ujar Peneliti Jaringan Informasi Rakyat, Aji Fadil kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/2/2022).

Berdasarkan analisis Jaringan Informasi Rakyat, elektabilitas Prabowo yang menempati urutan tertinggi di Jawa Tengah karen figurnya telah dikenal luas.

“Di samping itu, masih banyak masyarakat yang berharap Prabowo maju karena Pilpres 2024 tidak ada lagi calon petahana,” ujar Aji.

Selanjutnya, meskipun tidak terpaut terlalu besar dengan Prabowo, elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Tengah masih cukup tinggi.

“Di survei-survei nasional elektabilitas Ganjar juga berada pada posisi atas. Tetapi berdasarkan kajian kami, kejadian di Desa Wadas, Purworejo beberapa minggu lalu turut mempengaruhi opini warga. Karena itu menjadi wajar apabila Ganjar tersusul Prabowo di Jawa Tengah,” paparnya.

Sementara itu, hal mengejutkan pada posisi ketiga yang ditempati Muhaimin Iskandar. Berdasarkan analisis Jaringan Informasi Rakyat, ada banyak faktor atau variabel mengapa nama Gus Muhaimin moncer mendekati Prabowo dan Ganjar di Jawa Tengah.

“Di Jawa Tengah kami melihat sangat marak deklarasi dan dukungan kepada Muhaimin Iskandar. Tidak hanya pada level struktur partai, tetapi juga dilakukan oleh banyak elemen masyarakat. Struktur partai PKB dan para relawan Muhaimin saat ini tampaknya lebih kompak di bandingkan dengan Pemilu sebelumnya,” ungkap Aji.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menyambut positif hasil survei tingkat elektabilitas capres yang menempatkan Gus Muhaimin di posisi ketiga tertinggi di Jateng.

"Ini tentu tren yang sangat positif, mengingat sebelumnya di Jabar, juga ada survei yang menempatkan Gus Muhaimin urutan kedua ketua umum parpol yang memiliki elektabilitas tinggi, dan di Jatim juga di posisi tiga besar. Bahkan khusus di kalangan Nahdliyin, Gus Muhaimin capres yang paling favorit," katanya.

Karena itu, pihaknya akan terus melakukan kerja-kerja politik untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas Gus Muhaimin. "Masih ada waktu dua tahun lagi untuk bekerja," tuturnya.

Survei Jaringan Informasi Rakyat dilakukan dengan metode polling online melalui google docs, di mana satu user hanya dapat memilih satu calon. Polling dilakukan pada 12-19 Februari 2022, dan diikuti oleh 2.500 responden.

Hasil Polling Capres Jaringan Informasi Rakyat di Jawa Tengah:

  1. Prabowo Subianto (19,7 persen)
  2. Ganjara Pranowo (18,4 persen)
  3. Abdul Muhaimin Iskandar (17,3 persen)
  4. Puan Maharani (12,8 persen)
  5. Anies Baswedan (10,3 persen)
  6. Agus Harimurti Yudhoyono (6,9 persen)
  7. Ridwan Kamil (4,9 persen)
  8. Airlangga Hartarto (4,7 persen)
  9. Erick Thohir (2,8 persen)
  10. Khofifah Indar Parawansa (1,3 persen)
  11. Sandiaga Uno (1 persen). (red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com