PT Inalum Akan Maksimal Penuhi Kebutuhan Aluminium Dalam Negeri

Sebarkan:

Maritim Muda Nusantara Kabupaten Batubara menggelar FGD Industri Maritim di PT Inalum. (foto/ist)
BATUBARA  - PT Inalum (Persero) belum mampu memenuhi kebutuhan aluminium Indonesia, namun tetap berupaya maksimal untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Kepala Departemen Perencanaan Bisnis (DPB)  PT Inalum, Muhammad Ridwan dalam focus group discusion (FGC) Industri Maritim, di Tanjung Gading,Kabupaten Batubara, Kamis (10/2/2022). 

FGD yang digagas Maritim Muda Nusantara Cabang Batubara, dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Basilio Dias Araujo dan mewakili Bupati Asisten I Pemkab Batubara Sahala Nainggolan.

Sejauh ini, sambung Ridwan, PT Inalum sudah memiliki customer tetap sejumlah perusahaan/industri pengolahan logam. "PT Inalum membuat terobosan dengan merencanakan hilirisasi produk yang nantinya akan mengekspansi pasar," terangnya.

Sementara itu, Basilio Dias Araujo, mengatakan, masih banyak yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan PT Inalum. Apalagi, pelabuhan internasional yang kita miliki belum selengkap pelabuhan-pelabuhan yang dimiliki negara lain. "Saat ini ratusan kapal laut yang melintas diperairan Selat Malaka, dan mereka singgah di pelabuhan Singapura dan Malaysia," kata Basilio.

Jika 20% saja kapal laut asing singgah, dan 5 sampai 10 anak buah kapal yang turun untuk melakukan transaksi setiap hari di semua pelabuhan yang ada maka akan menambah penghasilan hampir 100 Triliun/tahun.

"Yang paling ramai kapal laut melintas adalah di perairan Selat Malaka. Ke depan, kita harapkan mereka bisa singgah di Pelabuhan Pelindo Kuala Tanjung. Kita juga harus siapkan Sumber Daya Manusia (SDM), jangan sampai putra daerah menjadi penonton di negeri sendiri," ujar Basilio.

Kegiatan FGD Industri Maritim berjalan dengan sukses, suasana semakin hidup ketika dibuka dialog dan pertanyaan dari peserta diskusi, yang dipandu oleh Arwan Syahputra.

Ketua Maritim Muda Nusantara, Kaisar Akhir mengucapkan, terima kasih kepada Pemkab Batubara yang telah memfasilitasi kegiatan FGD. "Terima kasih kepada Pemkab Batubara, dan juga Deputi Kedaulatan Maritim, dan seluruh perwakilan perusahaan yang ada di kawasan industri Kuala Tanjung," ujar Kaisar.

Kegiatan diakhiri pemberian plakat oleh perwakilan PT Inalum, PMT, PT MNA, Bakrie, Kadin Batubara kepada Basilo Dias Araujo. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com