Disinyalir Masih Ada Pabrik Mempekerjakan Anak di Bawah Umur di KIM Medan

Sebarkan:

Gedung Kawasan Industri Modern Medan. (foto:mm/awal)
BELAWAN - Sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kawasan Industri Modern (KIM) Medan, disinyalir ada mempekerjakan anak di bawah umur. Instansi terkait, didesak untuk melakukan razia.

"Saya ada melihat anak perempuan maupun anak laki-laki sering melintas di depan jualan saya dan kadang-kadang membeli dagangan saya. Kalau dilihat dari usianya, ya  dibilang masih sangat muda lah," kata Abdi (50), pedagang keliling yang mangkal di KIM, Selasa (8/3/2022).

Abdi menduga, kalau anak-anak diduga dibawah umur bekerja di salah satu pabrik di kawasan KIM. Bahkan sampai saat ini, Abdi belum pernah melihat maupun mengatahui kalau PT KIM maupun Dinas Tenaga Kerja melakukan razia ke pabrik-pabrik maupun keperusahaan.

Medanmerdeka.com mencoba menggali infomasi lebih dalam dengan Abdi, terkait perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan anak di bawah umur. Namun sayang, pedagang keliling ini enggak memberikan informasi lebih dalam terkait perusahan yang dimaksudnya. "Tak usahlah bang saya sebutkan. Kalau mau tau ya PT KIM dan Dinas Tenaga Kerja saja yang merazia langsung ke lapangan," sebutnya.

Begitupun Abdi khawatir kepada pekerja-pekerja anak di bawah. Apalagi wilayah KIM rawan begal. "Bukan rahasian umum lagi bang,kalau di kawasan KIM rawan begal dan bukan satu atau dua orang yang menjadi korban,bahkan sudah banyak," kata Abdi.

Sementara itu, Endang mantan Humas KIM yang dikonfirmasi enggan memberikan keterangan. "Silahkan konfirmasi dengan humasnya ya pak." sebut Endang sembari mengirim nomor WhatsApp Clintina selaku Humas PT KIM. 

Clintina yang dihubungi justru melemparkan tanggunjawab. "Bisa konfirmasi ke Pak Nugraha selaku SPV Humas" terang Clintina. Bahkan ketika dihubungi Nugraha juga tidak memberikan jawaban.(awal/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini