Gubsu Edy Minta 7 Kepala Daerah Pantai Barat Awasi Truk Melebihi Tonase

Sebarkan:

Gubsu Edy Rahmayadi (foto/ist)
PADANGSIDIMPUAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi minta tujuh kepala daerah di Zona Pantai Barat membantu sukseskan program pembangunan jalan dan jembatan APBD 2022.

Edy juga meminta, kepada para Bupati dan Wali Kota mengawasi mutu jalan di daerah masing-masing. Pasalnya, salah satu faktor penyebab jalan rusak adalah banyaknya truk yang melintas melebihi tonase.

Hal itu yang dapat menyebabkan jalan mudah rusak. Padahal, dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas sudah diatur tentang truk over dimension over loading (ODOL).

“Kami sudah jumpa Bapak Bupati dan Wali Kota dan sudah berkordinasi, membahas tonase (kenderaan) melalui jalan,” kata Edy saat di wawancarai usai mengikuti acara Pra Musrembang Zona Pantai Barat di Padangsidimpuan, Senin (28/3/2022).

Mantan Pangkostrad ini menegaskan, tugas pemerintah adalah membangun dan mengawasi secara profesioanal. Ia juga mengaku akan melakukan evalusi soal tonase itu.

“Tugas kita jalan itu harus sesuai secara profesional. Kita evaluasi, jalan ini tidak profesional ditambah tonase tidak profesional sehingga jalan kita rusak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Permprov Sumut di tahun 2022-2023 ini bakal memperbaiki jalan milik provinsi di tujuh kabupaten dan kota yang berada di zona pantai barat.

Daerah itu meliputi, Tapanuli Tengah (Tapteng), Kota Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Kota Padang Sidimpuan, Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta) dan Mandailing Natal (Madina). Pemprov Sumut akan mengalokasikan Rp. 700 miliar dalam pembangunan ini yang ditampung dalam APBD Pemprov Sumut. (jumhana)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini