Tegas! Gubsu Tutup Operasional PT SMGP di Madina

Sebarkan:

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menghentikan sementara kegiatan operasional PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Edy mengatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk mencari penyebab warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, keracunan. Bahkan, ia juga meminta perusahaan tersebut untuk dapat menjelaskan penyebab warga keracunan.

“Jadi operasional perusahaan dihentikan, itu diminta oleh saya selaku gubernur. Telah dibuat tim untuk mengetahui apa persoalannya sampai rakyat ini mengalami keracunan,” kata Edy di Rumah Dinas Gubernur, Jumat (11/3).

Mantan Pangkostrad ini menjelaskan, dari paparan PT SMGP bahwa tidak ada tanda H2S atau asam sulfida yang diduga menjadi penyebab warga keracunan.

“Kan dia H2SO atau asam sulfat, tetapi dari hasil paparan perusahaan kemarin tidak ada tanda-tanda dari asam sulfat, berarti ada yang salah,” ujarnya.

Edy pun meminta kepada perusahaan untuk menemukan penyebab warga yang keracunan dan berharap agar kejadian ini tidak terulang untuk ketiga kalinya.

“Itulah, makanya dibentuk tim harus tahu dan sampai itu ditemukan, jangan sampai terjadi tiga kali, makanya dia harus bisa pastikan itu kenapa,” ungkapnya.

Edy tidak mau berandai tentang penyebab keracunan warga itu. Secara tegas, ia akan menindak kalau peristiwa itu dikarenakan human error.

“Kalau itu memang, human error harus kita tindak, tapi kalau itu tuntutan perusahaan, perusahaan yang harus mengalami seperti itu, bila perlu kita win-win solution, kita relokasi desa itu. Harus ada kepastian. Tak boleh main-main, nyawa orang ini,” pungkasnya. (jumhana/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com