Ekspansi Produksi, Inalum dan Emirates Global Aluminium Tandatangani MoU

Sebarkan:


Direktur Utama PT Inalum Hendi Prio Santoso dan CEO EGA Abdulnasser bin Kalban menandatangani MoU. (foto/ist)
JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama strategis dengan Emirates Global Aluminium (EGA) – Perusahaan industri aluminium terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) pada 31 Maret 2022. 

Penandatanganan ini merupakan langkah strategis Inalum dalam ekspansi produksi aluminium hingga 400 ribu ton/tahun pada tahun 2024, sekaligus mendorong hilirisasi industri aluminium yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan dalam perhelatan Dubai Expo 2020 oleh Direktur Utama PT Inalum Hendi Prio Santoso dan CEO EGA Abdulnasser bin Kalban. Turut hadir dalam acara tersebut Vice Chairman EGA Saeed Mohammed Al Tayer, EGA Board member Musabbeh Al Kaabi dan Duta Besar Indonesia untuk UEA, Husin Bagis.

Dirut Inalum Hendi Prio Santoso mengatakan optimis kerjasama strategis ini akan meningkatkan performa Perusahaan. Menrutunya, kolaborasi ini akan memberikan pembaharuan yaitu dengan penerapan teknologi peleburan modern yang dimiliki oleh EGA di Inalum. 

"Kami juga menantikan pencapaian-pencapaian besar lainnya bersama EGA dalam ekosistem industri aluminium di Indonesia, baik yang sudah ada saat ini maupun proyek-proyek baru di masa depan,” kata Hendi Prio Santoso.

Sementara itu, CEO EGA Abdulnasser bin Kalban mengatakan kesepakatan ini semakin memperdalam kerja sama kami dengan Inalum, yang didasarkan pada potensi penggunaan teknologi EGA di sejumlah proyek pembangunan di Indonesia. 

"Tujuan kami adalah untuk mengembangkan posisi kami sebagai penyedia teknologi pilihan di industri kami, mengembangkan aliran pendapatan untuk EGA dari lisensi teknologi dan kemungkinan peluang lebih lanjut, sambil memperkuat hubungan antara kedua negara kami.” katanya.

Salah satu poin kesepakatan disebutkan Inalum dan EGA akan melakukan feasibility study dalam hal penggunaan teknologi EGA di Smelter Inalum Kuala Tanjung Sumatera Utara dalam rangka peningkatan produksi hingga 400.000 ton per tahun. 

Perjanjian juga menyebutkan tentang penjajakan dalam segi investasi EGA di Inalum dalam rangka peningkatan value chain industri aluminium. Diharapkan kesepahaman ini bisa mengeksplorasi potensi-potensi baru dalam sektor industri pengolahan aluminium yang belum dikembangkan di Indonesia.

EGA sebagai sebuah perusahaan peleburan dan pengolahan aluminium kelas dunia selama 25 tahun di UEA telah melakukan pengembangan teknologi secara mandiri dalam hal peleburan aluminium. Pengembangan teknologi ini telah menjadikan EGA sebagai salah satu perusahaan peleburan dan pengolahan aluminium terbesar di dunia.

Sedangkan Inalum berkomitmen melakukan inisiatif pengembangan proyek strategis industri aluminium diantaranya Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi, Optimalisasi Smelter Aluminium Kuala Tanjung, Proyek Smelter Grade Alumina Refinery di Mempawah, dan Pembangunan Aluminium Remelt IAA. 

Sejalan dengan potensi besar pangsa pasar aluminium baik secara domestik dan regional, Inalum terus berupaya mewujudkan pengembangan klaster industri aluminium nasional. Selain itu, Perusahaan juga melakukan kolaborasi dengan PLN dalam rangka menciptakan ketersediaan energi di Sumatera Utara. (zein/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com