Danrem 023/KS Kunjungi Museum Pusaka Nias

Sebarkan:
Danrem023/KS Kolonel Inf Dodu Triwinarto didampingi Pastor meninjau Museum Pusaka Nias. (foto/ist)
GUNUNGSITOLI (MM) - Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Dody Triwinarto, mengunjungi Museum Pusaka Nias di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut), Senin (6/6/2022).

Dody mengaku ingin mengetahui dan mengenal masyarakat Nias dari budayanya. Dody datang ke Museum Pusaka Nias didampingi Ketua Persit Koorcab Rem 023 PD I/BB dan rombongan, seperti Kasrem 023/KS, Dandim 0213/Nias, Kasiop Rem 023/KS, dan Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 023 PD I/BB.

Kedatangannya ke museum itu disambut langsung Pastor Johannes M Hammerle, pria asal Jerman selaku pendiri museum tersebut. Di museum itu, Dody dan rombongan mengelilingi lokasi bangunan dan melihat-lihat barang-barang peninggalan nenek moyang masyarakat Nias, mulai dari senjata, perlengkapan rumah tangga, alat pertanian, peti mati, dan segala peninggalan nenek moyang masyarakat Nias yang hidup pada zaman prasejarah serta terkait dengan kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Nias yang masih tersimpan lengkap di museum itu. 

"Ini merupakan suatu contoh yang baik tentang bagaimana memelihara dan mengenal masyarakat Nias dari budayanya. Karena pintu masuk mengenal masyarakat Nias itu dari sini (Museum),” kata Dody. 

Dody juga mengaku terkesan dengan kondisi museum yang sangat terawat. Menurutnya, hal ini patut diapresiasi dengan tetap merawat dan menjaganya. "Dan ini merupakan tugas kita bersama untuk menjaga museum ini," pungkas Dody.

Kunjungi Makodim 0213/Nias 

Selepas dari Miseum Pusaka Nias, Danrem Kolonel Dody kemudian melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kodim 0213/Nias dan disambut oleh Dandim 0213/Nias, Letkol (Inf) Martky Jaya Perangin-angin dan tarian Famee Afo (tarian pemberian sekapur sirih) sebagai wujud kehormatan kepada tamu yang dihormati. 

Dalam arahannya kepada prajurit Kodim 0213/Nias, Dody mengaku bangga melihat kekompakan prajurit yang berada di Kodim 0213/Nias.

Namun Dody tetap mengingatkan prajurit Kodim 0213/Nias agar jangan pernah berbuat pelanggaran, apalagi menyangkut narkoba. Menurutnya, seorang prajurit harus disiplin, dimana pun berada dan bertugas. 

"Mana kala kita melanggar, masa depan kita dan harga diri kita hilang. Ingat tinta emas yang sudah kita torehkan, karena pelanggaran sekecil apapun bisa menghilangkan presitasi, kepercayaan, dan kehebatan yang sudah kita peroleh," katanya. 

Mantan Danbrig 7/RR ini juga berpesan kepada prajurit Kodim 0213/Nias agar menjadi prajurit cerdas, loyal, selalu bersyukur, kerja keras, dan disiplin.

"Itulah yang disebut prajurit petarung sejati sesuai semboyan Korem 023/KS prajurit petarung, yang sehat, selalu bersyukur dan dicintai rakyat," tukas Dody. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini