Diikuti 250 Peserta, Festival Pencak Silat 2022 Digelar di GOR Sergai

Sebarkan:
Pembukaan Festival Pencak Silat Budaya 2022 di GOR Sultan Serdang, Sergai. (foto/ist)
SERGAI (MM) - Pemkab Serdang Bedagai menjadi tuan rumah berlangsungnya Festival Pencak Silat Budaya Tahun 2022 Tingkat Sumatera Utara, pada 19 sampai 21 Juni 2022, di Gedung Olahraga Kawasan Replika Sultan Serdang, Minggu (19/6/2022).

Ketua Panitia Irwan mengatakan, Festival Pencak Silat Budaya Indonesia ini untuk memperkenalkan dan memberikan kesempatan kepada Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) untuk memasyarakatkan olahraga dengan sistematis, terstruktur dan terukur guna kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan antar pesilat dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal Indonesia.

Festival Pencak Silat diikuti perguruan pencak silat budaya se Sumut,  perguruan pencak silat Jawa Barat, perguruan pencak silat Sumatera Barat, Perguruan Pencak Silat dari Singapore, dan APPBSI 6 Kabupaten/kota dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang. 

Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya diwakili Kadis Poraparbud Sergai Drs Zulfikar menyambut baik terlaksananya Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut yang pertama kali dilaksanakan pasca pandemi Covid-19. Tentunya berkat dukungan dan kerjasama semua pihak Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut Tahun 2022 dapat diselenggarakan dengan Pemkab Serdang Bedagai menjadi Tuan Rumahnya.

Kadis Poraparbud menambahkan, bahwa dalam waktu dekat ini pada tanggal 23 Juni 2022 Menteri Parekraf Bapak Sandiaga Uno akan datang mengunjungi Serdang Bedagai untuk melihat Desa Wisata Buluh Duri di Sipispis karena masuk nominasi 50 Besar Desa Wisata se Indonesia. 

Selain itu, Sergai termasuk nomor kedua dalam peningkatan kunjungan wisata. Tentunya dengan adanya Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut ini dapat memberikan daya dukung bagi peningkatan pariwisata Sergai.

Sekretaris Kormi Sumut H. Baharuddin Siagian mengungkapkan, bahwa Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut Tahun 2022 ini sekaligus untuk memperkenalkan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) ditengah-tengah masyarakat. 

"Kehadiran Pencak Silat ini sebagai sarana untuk terus membumikan dan membudayakan Pencak Silat sebagai Budaya Nasional. Karenanya itu Kormi hadir sebagai wadah tempat berkumpulnya olahraga masyarakat," ujarnya. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini