Permabem Monitoring Penggunaan Dana Desa di Medan Belawan

Sebarkan:
Permabem melakukan monitoring penggunaan dana desa di Kecamatan Medan Belawan.(foto/ist)
BELAWAN (MM) - Persaudaraan Masyarakat Belawan Maju (Permabem) melaksanakan kegiatan monitoring pengunaan dana desa (DD) di Kecamatan Medan Belawan, Kamis (16/6/2022).

Turun langsung melakukan monitoring Ketua Umum Permabem M.Fadli didampingi Sekretaris Umum Alfian MY, Wakil Ketua Teddy Pardede, Kabid Humas Bambang ST dan pengurus lainnya serta beberapa tokoh  masyarakat setempat.

Sekretaris Umum Permabem Alfian MY, mengatakan, kegiatan monitoring  pembangunan desa dan melihat secara langsung pembangunan fisik yang ada di kelurahan tersebut.

"Kita akan melakukan monitoring di enam Kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Belawan.Tadi pertama kali kita melaksanakan  monitoring di Kelurahan Bagan Deli dan di lanjutkan di Kelurahan Belawan Bahagia.Dan besok ke Kelurahan lainnya," kata Alfian MY.

Dikatakan Alfian MY, kegiatan monitoring merupakan salah satu bentuk kepedulian Permabem dalam pengawasan pengunaan, pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan tidak terjadi penyimpangan dalam pembangunan yang menggunakan dana desa.

Sambung Alfian MY, dana desa merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Dijelaskan Alfian MY, tujuan dana desa sangat bagus, karena diperuntukkan untuk menanggulangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan perencanaan dan penganggaran pembangunan ditingkat desa dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga bertujuan meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan, meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, sosial budaya dalam rangka mewujudkan peningkatan sosial, meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat,  dalam rangka pengembangan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, mendorong peningkatan keswadayaan dan gotong royong masyarakat, dan meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Alfian MY berharap kepada sejumlah pihak untuk sama-sama melakukan monitoring dan pengawasan dana desa  demi pembagunan dan kemajuan khususnya di Kecamatan Medan Belawan. (awal yatim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com