Presiden Jokowi Ajak Pejabat Hingga Pimpinan Parpol Jadi Teladan Nilai Pancasila

Sebarkan:

JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta nilai-nilai luhur Pancasila terus diaktualisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jokowi meminta para pemimpin bangsa mulai dari pejabat pemerintah hingga pemimpin partai politik menjadi teladan dalam aktualisasi Pancasila di tengah masyarakat. 

Hal itu ditegaskan oleh Jokowi saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Upacara pertama yang diselenggarakan di luar Istana mengingat Kota Ende merupakan kota tempat Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila. 

“Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” kata Jokowi yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, sebagaimana rilis yang diterima redaksi, Rabu (1/6/2022) . 

“Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” sambungnya. 

Mantan Walikota Solo ini menyebut Pancasila telah mempersatukan berbagai keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Sehingga telah menjadi bintang penuntun dalam menghadapi berbagai tantangan sebagai bangsa dan negara. 

“Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ucapnya. 

Jokowi juga mengajak seluruh anak-anak Indonesia terus membumikan Pancasila dari Sabang sampai Merauke. Pasalnya, semua elemen bangsa harus terlibat agar nilai-nilai Pancasila bisa bekerja dan menjaga Tanah Air Indonesia. 

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” pungkasnya. (red/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com