Ribuan Warga Lepas Calhaj di Halaman Masjid Agung Syahrun Nur Tapsel

Sebarkan:
Suasana ribuan warga turut melepas keberangkatan para calon jamaah haji di halama Masjid Agung Syahrun Nur Tapsel.(foto/ist)
TAPSEL (MM) - Ribuan umat Islam memadati halaman Masjid Agung Syahrun Nur, Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk melepas keberangkatan calon jamaah haji (Calhaj). Suasana rasa haru juga tergambar saat Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, SPt, MM, melepas Calhaj, Minggu malam.

Isak tangis keluarga pecah, ketika mengiringi pemberangkatan Calhaj. Tampak Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradana Elhaj, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Ketua MUI Tapsel KH Ahmad Ghozali Siregar, Kakan Kemenag Ihwan Nasution, Pimpinan OPD, dan Camat mendampingi Bupati melepas Calhaj.

Calhaj yang terdiri dari 32 laki-laki dan 51 perempuan itu diantar dengan lima unit bus milik Pemkab Tapsel menuju Asrama Haji Medan. Bupati beserta rombongan turut mendampingi jemaah hingga pemberangkatan dari Bandara Kuala Namu.

Saat prosesi pemberangkatan calon jamaah haji, Bupati mengatakan, bahwa  doa dari segenap warga Tapsel akan mengiringi keberangkatan para jemaah yang hendak melaksanakan ibadah Haji ke Tanah Suci. Bupati berharap, agar kiranya seluruh calon jemaah Haji nanti kembali ke Tanah Air dengan selamat dan sehat wal afiat.

"Pesan kami kepada segenap jamaah agar menjaga kesehatan selama proses pelaksanaan ibadah Haji nanti. Seperti sudah diketahui di sana musim panas hingga 40 derajat lebih. Oleh karenanya, jemaah harus menjaga pola makan dan minum jangan sampai dehidrasi" pinta Bupati.

Bupati juga menyampaikan kepada warga untuk mendoakan agar jamaah ditolong Allah SWT dan dipermudah segala urusan serta bisa fokus menjalankan ibadah Haji. Selama berada di Tanah Suci manfaatkan waktu beribadah dengan baik, perbanyak umrah sunat, tawaf sunat, salat sunat dan memandang Ka'bah sepuasnya.

"Dan doakan kami, doakan Tapsel bertambah maju dan sejahtera. Pemkab Tapsel tahun ini juga meneruskan Safari Qurban, berbagi qurban ke daerah terpencil untuk menyambut Hari Raya Haji, sejalan dengan pelaksanaan wukuf di Padang Arafah ", jelasnya.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tapsel Ihwan Nasution dalam laporannya mengatakan calon jemaah haji Tapsel akan bergabung dengan calhaj Paluta yang terdiri dari 140 jemaah dalam Kloter 10. Sementara jemaah yang dilepas dari Sipirok akan melewati Tarutung dan dipastikan sampai Asrama Haji Medan pada Senin (20/6/2022).

Untuk selanjutnya, Calhaj akan diberangkatkan dari Bandara Kuala Namu menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi pada Selasa (21/6/2022) dan akan kembali ke Tanah Air pada (1/8/2022). Untuk pendampingan kloter 10 sendiri dinahkodai Samaruddin Siregar, S.Ag, sebagai TPHI. (bambang ginting)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini