Sempat Tembus Rp 100 Ribu, Harga Cabai Merah di Pematangsiantar Turun Rp 90 Ribu Sekilo

Sebarkan:
Petani cabai di Kecamatan Tanah Jawa tampak sedang memanen hasil pertanian.(foto/ist)

PEMATANGSIANTAR (MM) - Setelah sempat naik hingga mencapai harga Rp 100 ribu per kilogram, harga cabai merah mulai turun menjadi Rp 90 ribu di pasar tradisional Pematangsiantar,  Rabu (15/6/2022).

Salah seorang pemilik warung nasi atau rumah makan di jalan Wahidin, kota Pematangsiantar, Irma mengharapkan harga cabai terus mengalami penurunan sehingga tidak membuat resah penjual nasi.

"Walaupun turunnya Rp 10 ribu namun sudah membantu pedagang nasi, mudah-mudah terus turun, sehingga penjualan pedagang bisa normal lagi," kata Irma.

Dia mengatakan sejak kenaikan harga cabai mulai akhir Mei hingga pertengahan Juni , keuntungan pedagang sangat tipis, karena harga penjualan tidak dinaikkan. "Terpaksa disiasati cabenya dikurangi meski pembeli komplain, karena jika harga dinaikan jualan tidak laku,"tutur Irma.

Pedagang sayur mayur  di pasar Sukadame Parluasan, Pematangsiantar, Rosa Sinaga, mengakui jika pembelian harga cabai dari agen sudah mengalami penurunan.

"Sudah turun memang, mungkin sudah masuk cabe dari daerah lain, sehingga harga penjualan kepada konsumen juga sudah turun," kata Rosa. (davis)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini