Tambang Emas Martabe Komitmen Lestarikan Lingkungan

Sebarkan:
Bupati Tapsel Doly Pasaribu memukul gong menandai Hari Lingkungan Hidup di SMKN2 Pertambangan Btangtoru, Tapsel. (foto/ist)
TAPANULI SELATAN (MM) – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, berkomitmen untuk terus melestarikan lingkungan melalui kegiatan penanaman 200 bibit pohon bersama pemerintah lokal, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar yang dipusatkan di SMKN 2 Pertambangan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), Senin (6/6/2022). 

Kegiatan penanaman pohon juga diiringi penyerahan 1.200 bibit pohon ke masyarakat sekitar tambang Batangtoru dan Muara Batangtoru.

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 bertema “Only One Earth” yang dideklarasikan United Nations Environment Programme (UNEP). 

Tema ini merupakan imbauan untuk menjaga kelestarian bumi demi masa depan bersama sekaligus menyoroti kebutuhan hidup berkelanjutan yang selaras dengan alam serta menuju gaya hidup yang lebih bersih dan lebih hijau untuk melestarikan alam. Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sendiri telah memutuskan untuk menggunakan tema “Satu Bumi untuk Masa Depan.”

General Manager (GM) Operations PTAR, Rahmat Lubis mengatakan, pelestarian alam merupakan serangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh berbagai fenomena agar tetap mampu mendukung kehidupan makhluk hidup. 

Tercatat hingga saat ini, PTAR sudah menanam lebih dari 41.000 bibit pohon. Di fasilitas Nursery/Pembibitan PTAR juga sudah disiapkan lebih dari 5.000 bibit tanaman lokal.“Kami juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di bidang pendidikan, sains, penelitian, dan konservasi keanekaragaman hayati,” kata Rahmat.

Perguruan tinggi dimaksud, antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Nasional (Unas), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), dan Universitas Aufa Royhan (UNAR) di Padangsidimpuan.

Dalam kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut sejumlah kegiatan telah digelar, di antaranya survei komposisi dan keanekaragaman flora dan fauna di lokasi rencana pengembangan Tambang Emas Martabe. Selain itu, digelar pelatihan Pre-Land Clearing Fauna Inspection bersama tenaga ahli kehutanan dari Fakultas Kehutanan USU.

Sementara itu, Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu menegaskan, bahwa Hari Lingkungan Hidup bukanlah seremoni belaka, melainkan pengingat bagi semua untuk bersama-sama bertanggung jawab melestarikan lingkungan. 

Ia pun memberikan apresiasi atas gerakan-gerakan di masyarakat yang bertujuan membentuk lingkungan lestari di Tapsel, antara lain gerakan masyarakat di Kecamatan Angkola Timur dan Kecamatan Angkola Selatan yang rutin mengumpulkan sampah.

Di momen Hari Lingkungan Hidup tahun ini, PTAR menggelar serangkaian kegiatan untuk mewujudkan budaya menjaga kelestarian lingkungan dalam hidup sehari-hari. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan opening ceremony Hari Lingkungan Hidup 2022 oleh Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, dan GM Operations PTAR, Rahmat Lubis, Senin (6/6/2022). 

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Tapsel,Ongku Muda Atas, Camat Batangtoru, Mara Tinggi, Kepala SMKN 2 Batangtoru, Nurlaili, dan jajaran Pemkab Tapsel.

Selain penanaman pohon bersama di SMK Negeri 2 (Pertambangan) Batangtoru, kegiatan lain yang dihelat PTAR, yakni Lomba Mewarnai dan Menggambar kelompok usia 3-5 tahun dan 6-10 tahun, Lomba Penulisan Esai Lingkungan tingkat SMA/SMK se-Tapsel serta PTAR Goes to School untuk edukasi pengelolaan lingkungan bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di Batangtoru.

Tidak hanya untuk masyarakat sekitar, PTAR juga menggelar sejumlah kegiatan bagi karyawan PTAR dan mitra kerja, yakni Lomba Cerdas Cermat Lingkungan, Lomba Video Kreatif Lingkungan Hidup, Biodiversity Fun Run, dan Lomba Inovasi Lingkungan Hidup. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini