Tim PORA Soroti Tingginya WNA dan Kawin Campur di Deliserdang

Sebarkan:
Kepala Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Yan Wely Wiguna (kiri) dalam rakor Tim PORA di Deliserdang. (foto/ist)
DELISERDANG (MM) - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Yan Wely Wiguna didampingi Kasi Inteldakim menghadiri rapat penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kabupaten Deliserdang, di pesangrahan Sola Gratia Jatikesuma, Namorambe, Deliserdang, Sumatera Utara.

Yan Wely mengatakan, rapat kordinasi ini sangat penting melibatkan instansi sektoral untuk memperkuat pengawasan dan keberadaan WNA sehingga tidak mengganggu stabilitas keamanan nasional, khususnya di wilayah kerja Kabupaten Deliserdang.

Sesuai tema "Penguatan Koordinasi Anggota TIM PORA terhadap Keberadaan dan Kegiatan Warga Negara Asing di Kabupaten Deli Serdang", dihadiri perwakilan dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Rudenim Medan, Pemkab Deliserdang, Polres Deliserdang, Kodim 0204/DS, PN Lubukpakam, BNN Delisrdang dan stakeholder.

Sambung Yan Wely, pertemuan ini bertujuan memperkuat sinergitas seluruh stakeholder terkait dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Deliserdang dalam upaya preventif pelanggaran keimigrasian dan penegakan hukum.

Rapat dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Tedy Anugraha. Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi anggota Tim PORA Kabupaten Deli Serdang dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar anggota Tim PORA dalam hal peningkatan pengawasan terhadap orang asing. 

Kemudian dilanjutkan sesi diskusi serta sharing informasi mengenai isu-isu terkini terkait orang asing yang ada di wilayah Kabupaten Deliserdang. 

Isi-isu yang dibahas mengenai meningkatnya fenomena jumlah orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia, khususnya di Deliserdang sejak dibukanya pintu masuk melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Selain itu juga dibahas tingginya fenomena perkawinan campur serta pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan orang asing terkait Izin Keimigrasian dan Tenaga Kerja Asing yang ada di wilayah Deliserdang.(bari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini