Jokowi Targetkan 126 Juta Sertifikat Tanah Terealisasi

Sebarkan:


Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.(foto/ist)
JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 126 juta sertifikat tanah diterbitkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Program ini harus terealisasi oleh melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) . 

Hal itu diungkapkan oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat menjadi narasumber di Podskabs di kanal YouTube Sekretariat Kabinet. Hadi menyebut Jokowi meminta dirinya tetap meneruskan program PTSL saat awal dilantik, dan itu merupakan satu di antara tiga perintah orang nomor 1 di Indonesia tersebut. 

“Memang perintahnya yang pertama agar program PTSL, sertifikat ini dilanjutkan sesuai dengan target 126 juta. Saat ini sudah terealisasi sebanyak 80 juta. Kedua menyelesaikan konflik agraria, ketiga menyelesaikan tata ruang IKN di Balikpapan,” jelas Hadi di Podkabs, Senin (4/7/2022). 

Sebagai pembantu Jokowi, Hadi memastikan bahwa kerja-kerja pemerintahan harus dikerjakan secara sungguh-sungguh. Apalagi menurut dia sudah ada tiga tugas awal yang diamanatkan Jokowi kepada dirinya. 

Hadi menyebut, perintah terkait sertifikat tanah tidak bisa ditinggal santai atau menyepelekan. Pasalnya, hal itu merupakan langkah awal menuju hukum positif terkait agraria. 

“Bekerja serius, apalagi perintah Pak Presiden itu jelas ada tiga, berkaitan dengan penyelesaian sertifikat, ini juga bukan hal yang harus ditinggal santai, harus benar-benar,” tegas Hadi. 

Mantan Panglima ini menargetkan tahun ini sudah ada wilayah kabupaten/kota yang full memiliki sertifikat tanah. Sehingga dapat meminimalisir konflik agraria jika ada investor yang masuk ke sebuah wilayah. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini