Mahasiswa Kessos FISIP UMSU Terpilih Jadi Putra Kesenian Sumut 2022

Sebarkan:
Muhammad Rafly Dalimunthe. (foto/ist)
MEDAN (MM) - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) terus mengukir prestasi. Tidak hanya di bidang akademik, bidang kreatifitas mahasiswa, atau di program MBKM yang dilaksanakan Kemdikbud RI, namun juga di bidang seni dan bakat. 

Kali ini, mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos), Muhammad Rafly Dalimunthe berhasil menjadi Putra Kesenian Sumut 2022. Dengan prestasi yang tergolong bidang bakat ini, ia pun berhak menjadi Duta Kesenian Sumut 2022 yang nantinya akan bertarung di tingkat nasional. 

“Alhamdulillah, Saya terpilih dan ditunjuk sebagai Putra Kesenian Sumut dan kemudian secara otomatis menjadi finalis untuk mewakili Sumut di ajang pemilihan Putra-Putri Kesenian se-Indonesia pada tahun 2022 ini,” ujarnya ketika menyampaikan hasil ini kepada Ketua Prodi Kessos Mujahiddin, S.Sos, MSP,  Senin (18/7) di Medan. 

Rafli menyampaikan, perlombaan ini adalah event di tahun pertama yang diselenggarakan Sanggar Seni Salaka di Bogor. Ajang pemilihan ini bertujuan untuk menemukan generasi-generasi muda yang peduli dalam melestarikan dan menjaga seni-budaya yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. 

Sanggar Seni Salaka adalah pemilik resmi lisensi acara ini. Melalui Surat Keputusan No. 028/SSS-PPKSI/II/2022, disebutkan Muhammad Rafly Dalimunthe dinobatkan mendapat gelar Putera Kesenian Provinsi Sumatera Utara 2022. Ia juga dinyatakan sebagai Finalis Putera-Puteri Kesenian Indonesia Tahun 2022. 

Dalam proses pemilihan sebagai Putra Kesenian, Rafli mempersentasikan adat dan kesenian dari etnis Mandailing. Pilihan ini ia lakukan karena latar belakang etnisnya adalah Mandailing sehingga ada keinginan untuk memperkenalkan atau mempromosikan adat istiadat Mandailing kepada masyarakat Indonesia. 

“Saya memperkenalkan seni budaya Mandailing, yang kebetulan latar belakang saya itu berasal dari sana. Jadi dewan juri memang melihat kemampuan dan potensi saya dalam mempersentasikan itu sehingga saya terpilih menjadi Putra Kesenian Sumut Tahun 2022,” ujarnya lagi. 

Ketua Program Studi Kessos FISIP UMSU, Mujahiddin S.Sos MSP mengucap rasa sukur atas torehan prestasi yang telah diraih Muhammad Rafly Dalimunthe dan berharap Rafly dapat terus mengukir prestasi lanjutan pada tingkat nasional. 

“Selamat kepada Rafly atas perestasi yang diraihnya dan semoga bisa terus menghasilkan banyak prestasi mengingat ia adalah mahasiswa yang masih berada pada semester 2. Masih banyak waktu untuk menghasilkan prestasi lainnya selama menjadi mahasiswa di FISIP UMSU,” katanya. 

Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Yurisna Tanjung yang terus memberi dukungan menyambut positif prestasi yang diraih Rafly. “Ini menjadi bukti, mahasiswa FISIP UMSU  mampu berprestasi di bidang seni dan bakat. Kami sangat senang. Di bidang akademik oke, di bidang non akademik seperti seni dan bakat juga oke,” pungkasnya. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini