Pemkab Asahan Latih OPD Mengelola dan Kuasai Webside

Sebarkan:
Pemkab Asahan menggelar Bimtek Pengelolaan Webside bagi OPD di lingkungan kerja. (foto/ist)
ASAHAN (MM) - Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Asahan, Muhilli Lubis membuka Bimtek Pengelolaan Webside Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Asahan, di aula melati kantor Bupati, Selasa (5/7/2022).

Kegiatan dihadiri Kadis Kominfo Asahan, Syamsuddin, dengan narasumber STMIK Royal  Dosen Tetap Prodi Sistem Komputer, Sahren, M.Kom dan Nasrun Marpaung, M.Kom., serta para peserta Bimbingan Teknis.

Bupati Asahan dalam amanatnya yang disampaikan Muhilli mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan banyak memberikan perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi dalam mendapatkan informasi dan komunikasi dapat dilakukan di manapun tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.  Sehingga informasi  dapat diperoleh dengan cepat dan mudah dengan kata lain kita sudah berada diera digital dimana  semua   kegiatan  yang mendukung kehidupan dipermudah dengan adanya teknologi.

“Sejalan dengan hal tersebut pemerintah juga berpartisipasi dalam mempergunakan teknologi ini yang salah satunya adalah pembuatan website pemerintah daerah. Website atau situs web pemerintah daerah merupakan salah satu media informasi antara Pemerintah Daerah kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah memperoleh akses terhadap informasi dan layanan Pemerintah Daerah,” tegas Muhilli

Sejak tahun 2017 Pemkab Asahan memiliki website resmi, dilanjutkan dengan pembuatan website OPD pada tahun 2018. Namun kondisi saat ini, website OPD belum optimal dimanfaatkan, yang kemungkinan disebabkan oleh kurang memahami untuk keperluan apa website tersebut dibuat dan bagaimana cara melakukan  pemantauan website (penggunaan dan penampilan serta pemutakhiran informasi pada situs website).

“Melalui kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Website OPD Se-Kabupaten Asahan tahun 2022 ini, Pemerintah berharap agar seluruh peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat mengaplikasikannya di OPD masing-masing,” lanjut Muhilli.

Sementara itu, Kadis Kominfo Asahan Syamsuddin, mengatakan Bimtek bertujuan meningkatkan kemampuan ASN dalam mengelola website daerah. Adapun tujuannya adalah agar peserta memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs websitenya secara menarik, berkualitas,  kreatif dan inovatif.

Narasumber dalam Bimbingan Teknis ini, Nasrun Marpaung, M.Kom. menyampaikan bahwa Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website-website yang dikembangkan ini digunakan untuk berbagai jenis fitur dan layanan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi atau lembaga yang membuat website tersebut. 

Website dapat dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan dalam hal pemrograman web baik dikebangkan secara perorangan atau kelompok maupun lembaga-lembaga tertentu. 

"Website dapat mempermudah segala jenis layanan, sehingga adanya peningkatan akses oleh yang membutuhkan informasi baik secara personal maupun lembaga. Manfaat dari website yakni sebagai Media Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman, Menghasilkan uang, Menjadi Platform Bisnis, Membangun Branding, Meningkatkan Kredibilitas Bisnis, Sarana untuk mengembangkan bisnis, Menjadi sumber informasi, Mangakses layanan publik, Menggalang aksi sosial, dan lain sebagainya,“ tutup Nasrun. (ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com