Pemuda Batak Bersatu Tolak Konversi Teh Jadi Perkebunan Sawit PTPN IV

Sebarkan:
Massa PBB Simalungun berorasi menolak dilakukannya konversi kebun teh menjadi perkebunan sawit. (foto/ist)
SIMALUNGUN (MM) - Masyarakat kembali melakukan perlawanan menolak konversi teh menjadi perkebunan kelapa sawit.

Penolakan kali ini disampaikan massa Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Simalungun, mendatangi Unit Kebun Bah Butong, Kecamatan Sidamanik. Dengan tegas massamenyatakan menolak konversi tanaman teh menjadi perekbunan kelapa sawit yang dilakukan PTPN IV.

Dalam orasinya, Gulit Saragih mengatakan, PBB tidak memerlukan solusi dari PTPN IV terkait dampak konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit. "Tidak perlu solusi terkait konversi 257 hektar tanaman teh menjadi kelapa sawit, PBB dan masyarakat menolak, itu yang harus dipenuhi PTPN IV,"  tegas Gulit, Senin (4/7/2022) .

Kader PBB yang juga warga Kecamatan Sidamanik, Kaliamsa Sidabutar menambahkan, dampak negatif tanaman sawit di kebun Bah Birong Ulu sudah dirasakan masyarakat sehingga jangan diperluas ke kebun Bah Butong.

"Tanaman sawit di kebun Bah Birong Ulu menyebabkan banjir dan longsor di sekitar pemukiman penduduk dan tidak ada solusi dari PTPN IV, sehingga penderitaan yang sama jangan pula nantinya dirasakan masyarakat di sekitar kebun Bah Butong," tegas Kaliamsa. (davis)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini