Puluhan Warga Datangi Proyek Pasar Ikan Modern Dukung Pemkot Sibolga

Sebarkan:

Puluhan Pedang mendukung Pemkot Sibolga membangun pasar modern. (foto/ist)
SIBOLGA (MM) - Puluhan warga Kelurahan Aek Manis bersama pedagang ikan Jalan Balam mendatangi lokasi proyek Pasar Ikan Modern di Jalan KH Ahmad Dahlan Kota Sibolga, Jumat (22/7/2022). 

Warga dan pedagang ikan yang didominasi kaum ibu atau emak-emak itu membawa spanduk bertulis pernyataan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga membangun proyek pasar ikan di atas lahan tangkahan ikan UD Budi Jaya untuk kepentingan masyarakat dan pelaku usaha perikanan.

Menurut Abdul Hakim Situmeang, pedagang ikan Jalan Balam, aksi yang mereka lakukan merupakan aksi spontanitas masyarakat dan pedagang ikan di kawasan itu. Mereka siap mengawal pembangunan pasar ikan modern yang sedang dibangun Pemkot Sibolga.

“Kami para pedagang mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Sibolga membangun pasar ikan modern di lokasi ini. Sebab, keberadaan pasar ikan ini nantinya dapat kami manfaatkan untuk berjualan,” kata Abdul Hakim diamini yang lain.

Menurut dia, selama ini sebagian pedagang di Pasar Ikan Mina Nauli di Jalan KH Ahmad Dahlan terpaksa berjualan hingga ke badan jalan karena pasar tersebut lokasinya terlalu sempit dan terbatas. Akibatnya, arus lalu lintas jadi macet dan semrawut.

“Harapan kami, setelah Pasar Ikan Modern ini nantinya rampung, para pedagang tak lagi berjualan di badan jalan. Otomatis, arus lalu lintas jadi lancar. Hal itu jugalah yang diharapkan Pemkot Sibolga, membangun pasar untuk menampung para pedagang,” katanya.

Terkait persoalan sengketa lahan di lokasi tersebut, para pedagang ikan, ungkap Abdul Hakim, tidak ingin terlibat, apalagi ikut campur dalam persoalan itu.

“Kami menyampaikan dukungan kami kepada Pemkot Sibolga atas pembangunan Pasar Ikan Modern di lokasi ini untuk kepentingan masyarakat. Terlepas dari segala persoalan yang ada saat ini, kami pun tidak bermaksud ikut campur,” tegasnya.

Hal senada disampaikan pedagang ikan lainnya, Br Simarmata. Menurutnya, keberadaan bangunan pasar ikan modern tersebut adalah impian para para pedagang ikan yang selama ini terpaksa berjualan di badan jalan.

“Umur saya sekarang sudah 62 tahun, dan saya sudah 15 tahun berjualan ikan di kawasan ini. Tolonglah kami pak, pasar ikan ini adalah impian kami. Karena kami berharap bisa berjualan di pasar ikan ini nantinya,” ujar Br Simarmata.

Meski hanya berlangsung sebentar saja, aksi spontanitas puluhan warga dan pedagang ikan tersebut menarik perhatian warga sekitar. Usai meneriakkan dukungannya, mereka dengan tertib meninggalkan lokasi.

Lokasi proyek pembangunan Pasar Ikan Modern tersebut saat ini masih bersengketa, di mana pengusaha UD Budi Jaya, Sukino mengklaim lahan tersebut adalah miliknya, demikian Pemkot Sibolga juga mengklaim bahwa lahan tersebut adalah aset negara milik Pemkot Sibolga. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini