Pangulu Demo Kantor Bupati Simalungun Minta PMPN Jalankan Proses Pilpanang

Sebarkan:

Aksi damai sejumlah Pangulu Kabupaten Simalungun meminta Pilpanag tidak ditunda. (foto:mm/joenainggolan)
SIMALUNGUN (MM) - Sejumlah Pangulu Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berunjuk rasa ke Kantor Bupati Simalungun, Pematang Raya, Kamis 4 Agustus 2022. Kedatangan mereka meminta Pemkab Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan (PMPN) menjalankan proses Pemilihan Kepala Nagori (Pilpanag).

Pemilihan pangulu, seyogianya, dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2022 lalu. Namun, hingga hari ini hal itu tak kunjung dilaksanakan di tanah Habonaron do bona.

Martua Simarmata, salah seorang Pangulu yang juga orator aksi mengatakan, ratusan kepala nagori di Kabupaten Simalungun sudah memasuki masa akhir jabatan pada tahun 2022.

"Kami meminta Bupati Simalungun lebih peka terkait dengan suasana yang terjadi di Kabupaten Simalungun, agar hak demokrasi masyarakat di pedesaan atau nagori bisa berjalan dengan baik," ucapnya. 

Pangulu Nagori Rambung Merah, itu juga meminta agar Pemkab Simalungun menjalankan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014.

Para Pangulu ini menolak jika pengisi jabatan sementara di Nagori nantinya tidak dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditunjuk oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

"Kami menerima penjabat sementara Kepala Desa atau Pangulu jika melalui hasil pemilihan Maujana (perwakilan nagori atau desa)," kata dia. 

Martua menegaskan, aksi yang mereka lakukan itu semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat nagori dan tidak ada ditunggangi oleh oknum-oknum tertentu.

Sementara itu Kepala Dinas PMPN Simalungun Jonni Saragih mengatakan, belum terlaksananya Pilpanag 2022 karena tidak ada anggaran. Meski demikian, ia tetap berjanji akan menyampaikan aspirasi para Pangulu kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. "Bagaimana kita melaksanakan pemilihan kepala nagori jika dananya tidak ada?" tanya Jonni kepada massa aksi.

Tim anggaran pemerintah daerah, Jonni bilang, akan mengusulkan pembiayaan Pilpanag 2022 pada P-APBD. "Maka kami berharap kepada para Pangulu agar bersabar," ucapnya. (joenainggolan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com