Tak Tersentuh Pembangunan, Miris! Perumahan Karyawan PT IIS Tak Layak Huni

Sebarkan:
Kondisi bangunan perumahan karyawan PT ISS di Desa Lalang Kabung, Palalawan. (foto/ist)
PALALAWAN (MM) – Perumahan karyawan PT. Inti Indosawit Subur (PT IIS) di Desa Lalang Kabung, Kecamatan Palalawan Pangkalan, Kabupaten Palalawan, sangat memprihatinkan. Kondisi bangunan beralaskan tanah, Atap Rumah dan dinding papan yang sudah kupak-kapik tak layak huni.

Salah seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya menceritakan, perumahan yang mereka tempati sudah berusia puluhan tahun sehingga kondisinya sudah tak layak huni. “Untuk buang air besar saja pintu kamar mandi harus ditutup pakai kain,” katanya, Jumat (5/8/2022)

Kondisi ini, sambungnya sudah dilaporkan ke pihak perusahaan. Namun sayang, hingga kini masih sebatas janji untuk memperbaiki dan tak pernah terealisasi. Padahal PT IIS merupakan perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO) yang menjami kesejahteraan karyawan.

Sebelum mendapatkan RSPO, pihak perusahaan melarang karyawan memperbaiki rumah yang mereka tempati. Namun oleh pihak perusahaan dilarang menambah fasilitas, menambanh bangunan hingga perbaikan hingga memelihara ternak. “Alhasil kondisinya yang seperti ini. Jika musim hujan kami sudah tak tau lagi, semua air masuk ke dalam rumah,” ujarnya.

Humas PT IIS, Nanda yang ditemui mengatakan perbaikan masih dalam progres, dan pihaknya sudah mengingatkan pengawas perumahan namun diabaikan. (syahrudin)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini