Evaluasi Kinerja, Afandin Minta APBD Fokus untuk Kepentingan Masyarakat

Sebarkan:
Plt Bupati Langkat, H. Syah Afandin SH, memberika arahan sekaligus evaluasi kinerja OPD. (foto:mm/ist)
LANGKAT (MM) – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH, mengintruksikan agar penggunaan dan serapan APBD benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Hal ini disampaikannya dalam rapat evaluasi capaian kinerja perangkat daerah di ruang Pola kantor Bupati, Jumat (14/10/2022).

Oleh karena itu, Syah Afandin akan melakukan evaluasi terhadap OPD pengguna anggaran, dengan begitu maka APBD Langkat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk APBD 2023, sambungnya, lebih difokuskan kepada kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

"APBD Tahun 2023 anggaran yang besar dan tidak efektif agar diahlikan untuk membantu masyarakat. Pelaksanaannya, semua harus bekerjasama dengan pihak terkait agar terlaksana dengan baik benar," tambahnya. 

Syah Afandin juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Langkat yang sudah bersusah payah menjalankan program di 2022. Dengan tersisa dua bulan lagi masa kerja di 2022, semoga tercapai sesuai dengan visi misi Kabupaten Langkat.

Sementara itu, Sekdakab Langkat sekaligus Ketua TAPD,  Amril mengtaakan, pelaksanaan  alokasi anggaran APBD harus tepat sasaran dan sejalan dengan visi misi Bupati Langkat. 

Untuk itu, Amril meminta OPD terkait agar menyusun RAPBD 2023 dengan memperhatikan:

  • Alokasi Dana Umum (DAU) setiap tahunnya mengalami penurunan. 
  • Pendapatan asli daerah Kabupaten Langkat masih sedikit. 
  • Dengan alokasi struktur angaran yang terbatas  diharapkan perangkat daerah dapat melakukan penyusunan program agar lebih produktif dan efesien untuk pencapaian target-target yang telah di tetapkan . 
  • Angaran yang disusun harus diprioritaskan dalam pencapaian target visi misi Kabupaten Langkat. 
  • Sesuaikan rincian belanja dengan target, contohnya untuk program pemberian bantuan harus lebih dibandingkan dengan operasionalnya dalam memberi bantuan. 
  • Alokasikan anggaran dengan target serta kondisi yang real/exisiting  yang terjadi pada masyarakat. 

Rapat evaluasi dihadiri Kepala Bapeda Hj Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, Asisten II Ekbang Drs H Hermansyah MIP, para Kepala Perangkat Daerah (KPD) dan Kabag Setdakab Langkat.(mm/rel)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com