Peringati Hari Ulos 2022, Designer Wignyo Rahadi Pamerkan 20 Busana Motif Ulos

Sebarkan:
Kepala BI Sumut Dody Zulferdi bersama Designer Wignyo Rahadi bersama peragawati Toba Jou Jou Festival 2022 di Samosir. (foto:mm/jhonny simatupang)
SAMOSIR (MM) - Toba Jou Jou Festival 2022 dalam rangka mendorong pelaku UMKM dan Pariwisata dalam mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional (PEN) di Samosir selama dua hari, Senin dan Selasa (17-18/10/2022) dirangkai dengan peringatan Hari Ulos Nasional 17 Oktober.

Dalam rangkaian itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) berkolaborasi dengan KPw BI Sibolga menggelar fashion show dengan memamerkan 20 busana wanita motif ulos hasil Designer Nasional, Wignyo Rahadi, di Kampung Ulos Huta Raja, Dusun Pardamean, Desa Lumba Suhisuhi Toruan, Kecamatan Panguruan. 

Koleksi busana Wignyo motif ulos ini memadukan elemen histori dengan sentuhan modernitas, sehingga mewujudkan tampilan yang baru. 

20 outfit yang dipertunjukkan melalui para pragawatinya, terdiri dari busana kontemporer dan modest wear. Wignyo juga bahkan mengkombinasikan ulos dengan tenun ATBM motif ulos sodum, full batik, dan lurik.

Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, mengapresiasi kegiatan fashion show ulos dalam rangkaian peringatan Hari Ulos di acara Toba Jou Jou Festival 2022 Samosir tersebut. 

"Pada hari ini juga, berbagai penyinta ulos, khususnya di Sumut, terkhusus di Samosir merayakan hari ulos dengan menggelar berbagai even," katanya. 

Khusus di Samosir, ungkap Vandiko, Peringatan Hari Ulos diawali dengan upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkai dengan Perayaaan Hari Ulos, di mana seluruh peserta upacara menggunakan ulos. 

"Hari ini juga ada parade ulos terpanjang, yakni 700 meter mengelilingi Gunung Pusut Buhit yang dilaksanakan oleh Yayasan Pusut Buhit. Dan besok juga, akan diperlombakan fashion show kreasi ulos oleh pemerintah dari Desa Lumban Suhisuhi Toruan dengan tajuk Hita Do Hutaraja III berkolaborasi dengan BI Sibolga dalam even Toba Jou Jou Festival 2022," tukasnya 

Dia berharap, ulos dapat ditetapkan menjadi warisan dunia, mengingat ulos merupakan salah satu hasil karya budaya Indonesia yang melegenda dan telah mendunia. Bahkan ulos juga telah dikukuhkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Unesco. 

"Maka saya sampaikan pada kesempatan ini selamat Hari Ulos kepada kita semua," pungkas Vandiko. 

Perayaan Hari Ulos tahun ini dirangkaian acara Toba Jou Jou Festival 2022 ini merupakan perayaan ke delapan sejak diterbitkannya keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Oktober 2014 tentang penetapan ulos batak sebagai warisan budaya tak benda. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com