Gelar Capacity Building, Yuliansyah Berharap Media Bisa Sebagai Katalisator Bahasa Kebijakan BI

Sebarkan:

Kepala Perwakilan BI Sibolga, Yuliansyah Andrias, memberikan cinderamata UKM binaan BI Sibolga kepada narasumber Capaciry Building, Syachman Perdymer, dan Aria Wiratama Yudhistira, Jumat (25/11/2022). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga menggelar forum komunikasi media atau capacity building bersama 13 wartawan Sibolga di Hotel Double Tree Hilton, Jakarta, Jumat (14/11/2022).

Kepala Perwakilan BI Sibolga, Yuliansyah Andrias mengatakan, kegiatan ini digelar karena BI melihat peranan wartawan dalam kapasitasnya menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sangat strategis, terutama kebijakan-kebijakan yang diambil oleh BI kepada masyarakat. 

Menurutnya, pada tataran tertentu, materi komunikasi atau bahasa yang disampaikan BI masih sangat-sangat bank sentral (bahasa ekonom), sehingga BI memerlukan peranan media untuk bisa menjadi jembatan antara BI, khususnya di kantor pusat yang mengambil kebijakan dan juga di kantor perwakilan Sibolga kepada masyarakat. "Sehinggga kondisi-kondisi dimana mispersepsi, miskomunikasi dapat diminimalkan," kata Yuliansyah.

Selain itu sambung Yuliansyah, BI melihat peranan media saat ini menjadi sangat penting, karena kehadiran media sosial (medsos). Di mana medsos juga menjadi salah satu tools (alat) mempercepat dan memudahkan arus penyebaran informasi. 

"Karena itu, kehadiran media menjadi katalisator dan referensi bagi masyarakat dalam mencari informasi terpercaya," tukas Yuliansyah. 

Kegiatan itu menghadirkan dua narasumber, yakni Syachman Perdymer, selaku Kepala Divisi Relasi Media dan Opinion Maker Departemen Komunikasi BI dan Aria Wiratama Yudhistira selaku Redaktur Pelaksana (Redpel) dan Kepala Newslab Katadata. (jhonny simatupang).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini