PLN Peduli & Rumah BUMN Sibolga Bantu UMKM Raih 19 Sertifikat Halal di Tahun 2022

Sebarkan:

SIBOLGA - Mitra binaan Rumah BUMN Sibolga resmi mengantongi 19 sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) setelah sebelumnya mendapatkan ketetapan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sertifikat jaminan Halal ini semakin memperkuat Rumah BUMN Sibolga dalam memasarkan layanan ritel terbaik dan jaminan kepada pelanggan dalam membeli segala produk yang ada di mitra binaan mereka.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Tonny Bellamy, mengatakan pentingnya menjaga kebersihan dan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di masyarakat. Dengan adanya sertifikat Halal akan membuat produk tersebut memiliki daya saing tinggi di masyarakat. Untuk itulah PLN Peduli hadir dan mendorong Rumah BUMN Sibolga untuk membantu seluruh UMKM binaannya untuk bisa naik kelas dengan mendapatkan Sertifkat Halal.

“Rumah BUMN Sibolga memiliki 30 mitra binaan, 15 diantaranya telah berhasil mendapatkan mendapatkan sertifikat halal. Sisanya kita kejar agar memiliki sertifikat Halal di Bulan Desember 2022 ini”, ungkap Tonny.

Rumah BUMN Sibolga yang dikelola oleh PLN Peduli berperan sebagai pusat data dan informasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Tugas utama Rumah BUMN mengupayakan agar produk UMKM dapat dipasarkan secara global dan memiliki daya saing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para pelaku usaha.

“Mitra binaan Rumah BUMN Sibolga mayoritas produknya adalah makanan. Untuk itu memiliki sertifikat halal itu penting. Merupakan salah satu program kerja kami dalam mengelola rumah BUMN ini. Seluruh proses mendapatkan sertifikat halal tersebut di bantu oleh Rumah BUMN Sibolga dan para pelaku UMKM tidak dikenakan biaya alias gratis,” ujar Cahya Wahyu, Koordinator Rumah BUMN Sibolga.

Wahyu juga menjelaskan untuk memperoleh sertifikat halal tidak sulit. Cukup mengikuti setiap tahapan dengan baik, maka sertifikat halal dapat diperoleh. Proses tesebut diantaranya permohonan sertifikasi halal, memeriksa kelengkapan dokumen, menetapkan Lembaga pemeriksa halal, memeriksa dan/atau menguji kehalalan produk, menetapkan kehalalan produk melalui sidang fatwa halal dan menerbitkan sertifikat halal.

Sarawiyah, salah satu mitra binaan rumah BUMN Sibolga mengaku bersyukur dengan adanya program sertifikasi halal ini. Dia juga berharap dengan adanya sertifkat halal ini, dapat memasarkan produk makanannya lebih luas ke masyarakat.

“Kami para pelaku usaha UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya sertifikat halal ini. Kami ucapkan terima kasih kepada PLN Peduli dan Rumah BUMN Sibolga telah banyak membantu kami para pelaku UMKM di wilayah Sibolga. Semoga produk yang kami hasilkan bisa bersaing dengan produk makanan lainnya dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian kami,” tutup Sarawiyah.

PLN Peduli dan Rumah BUMN Sibolga berkomitmen akan terus memprogramkan mitra binaannya untuk naik kelas dengan mendapatkan Sertifkat Halal. Secara berkala dan bertahap kegiatan ini akan terus ditingkatkan sehingga semua mitra binaan memiliki Sertifikat Halal.(Ahmad Rizal)

 



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini