Riau Expo 2022, Stand DLHK Hadirkan Ekonomi Hijau

Sebarkan:

PEKANBARU (MM) – Pemprov Riau menggelar Riau Expo 2022 dengan tema “Mewujudkan Investasi Riau yang Inklusif dan Berkelanjutan Melalui Kemitraan dan Pemberdayaan UMKM”. Salah satu stand yang menarik dikunjungi pelaku usaha yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK).

Riau Expo 2022 digelar sejak Selasa 22 hingga 26 November 2022, di Komplek Purna MTQ Kota Pekan Baru. Event ini dibuka Gubernur Riau H. Syamsuar, diikuti sebanyak 170 stand dari berbagai daerah dan UMKM. 

Salah satu stand diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan (DLHK) Provinsi Riau. Diajang ini, DLHK memberikan edukasi dan bimbingan bagi para pengunjung pelaku usaha yang ingin berinvestasi terkait kepengurusan dokumen lingkungan hidup dengan motto Ekonomi Hijau.

Kadis LHK Prmprov Riau, Mamun Murod melalui Ketua Panitia Stand DLHK Riau, Dwi Yana, memaparkan bahwa diajang riau Expo 2022, menyusun sejumlah program yang bermanfaat untuk pelaku usaha dan masyarakat luas untuk berperan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Diantaranya panitia memperkenalkan inovasi pengelolaan sampah organik untuk eco enzyme, bank sampah serta budi daya maggot BSF dan lain sebagainya. 

Dalam Pengelolaan Sampah Organik, ada Eco Enzyme dan Budidaya Maggot/BSF (Black Soldier Fly), sambung Dwi Yana, budidaya maggot berasal dari larva lalat Black Soldier Fly (BSF) yang dalam proses siklus pertumbuhan membutuhkan sampah organik sebagai bahan makanan dan maggot mempunyai keunggulan dalam mengatasi sampah organik, mengurangi emisi gas rumah kaca dari sisa makanan atau sampah organik rumah tangga.

Tentunya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau berinovasi dalam memanfatkan sampah rumah tangga menjadi nilai ekonomis dengan konsep ramah lingkungan. Sehingga menciptakan ekonomi sirkular, 

Dwi Yana menambahkan DLHK Riau juga memperkenalkan program kampung iklim dan taman kehati juga menyedia pojok konsultasi pengembangan usaha kelompok tani hutan yang mulai tumbuh subur di setiap unit Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Selain itu, sambungnya, DLHK Riau akan menyerahkan penghargaan sekolah Adiwiyata kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan predikat Adiwiyata," ungkap Dwi Yana.Pada kesempatan ini DLHK Riau juga bagi-bagi bibit pohon secara gratis. Nah.. jangan lewatkan kesempatan ini. Kunjungi stand DLHK Riau, panitia dengan senyum ramah siap melayani anda. (syahrudin)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini