Satgas PMK Madina Targetkan 3.500 Hewan Sapi di Vaksinasi

Sebarkan:
Satgas PMK Madina melakukan vaksinasi hewan ternak. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) – Satuan Tugas Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menargetkan 3500 hewan sapi menjalani vaksinasi. Hingga kini sudah 2107 ekor hewan sapi menjalani vaksinasi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Satgas PMK Siar Nasution usai melakukan vaksinasi di Desa Saba Jior, Kecamatan Panayabungan Barat, Senin (21/11/2022). Siar menjelaskan di Madina saat ini sudah tidak ada lagi ditemukan hewan sapi yang terkena PMK.

"Alhamdulillah sudah menurun, tapi ada laporan dari Pantai Barat yang menyebutkan hewan sapi disana terjangkit PMK, namun itu sudah kita lakukan pemeriksaan hasilnya bukan terjangkit PMK, dan itu nanti akan kita vaksin," katanya.

Sementara untuk ketersedian stok obat - obatan dan juga vitamin, Siar menjelaskan sampai saat ini masih cukup. "Untuk ketersedian obat obatan, mulai dari vitamin, dosis vaksin itu masih cukup," katanya.

Siar menghimbau kepada masyarakat peternak sapi agar selalu memperhatikan kesehatan sapi, dan membersihkan kandang dari sapi, untuk menghindari terjangkitnya PMK.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat jika nanti ditemukan hewan sapinya terjangkit PMK, harap melapornya ke Dinas Pertanian," ujarnya. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini