Tim Gabungan BNN Musnahkan 5 Hektare Ladang Ganja di Perbukitan Tanjung Julu Madina

Sebarkan:
Tim gabungan BNN memusnahkan 5 hekatare ladang ganja di Desa Tanjung Julu Madina, Sumatera Utara, kemarin. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) - Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) berhasil menemukan ladang tanaman ganja seluas 5 hektare di Desa Tanjung Julu, Kecamatan Penyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Kamis (10/11/2022).

Temuan ladang ganja ini menjadi temuan terbesar pada tahun ini, karna memiliki karakteristik kerapatan tanaman ganja dengan jumlah tanaman mencapai 50.000 batang pohon dan berada pada ketinggian 1.265 MDPL.

Operasi pemusnahan ladang ganja ini dipimpin oleh Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, dengan melewati perbukitan yang curam dan memerlukan waktu lima jam perjalanan untuk mencapai ke lokasi.

Daun ganja yang ditemukan langsung dimusnahkan dengan cara dicabut lalu dibakar. "Tinggi tanaman ganja yang berhasil ditemukan berkisar antara 50 hingga 170 cm dengan kemiringan lereng 45 derajat. Total berat tanaman ganja yang berhasil dibabat diperkirakan mencapai 25 Ton dengan jarak kerapatan antar tanaman hanya 50 cm," sebut Roy Hardi.

Pemusnahan Ladang ganja yang berada pada kawasan curam tersebut melibatkan 152 personel terdiri dari Polres Madina, Brimob, PM, Satpol PP, Kejaksaan Negeri, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, dan Bea Cukai.

"Untuk tersangka kita akan lalukan penyelidikan, dan upaya yang dilakukan BNN ini sesuai dengan Pasal 111 Ayat (2) Undang - undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman terhadap pelaku berupa hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup," katanya.

Pemusnahan ladang ganja yang dilakukan BNN RI diharapkan dapat menyulut kembali semangat generasi muda untuk bangkit dan tetap berkarya di tengah gempuran ancaman Narkoba serta menjadi tauladan atas nilai-nilai luhur kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com