Bupati Asahan Launching Pelayanan Adminduk di Kecamatan Buntu Pane

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya BSc, melaunching Aminduk di Kecamatan Buntu Pane. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) – Bupati Asahan H. Surya BSc melaunching pelayanan administrasi kependudukan (Aminduk) di aula Kecamatan Buntu Pane, Selasa (13/12/2022).

Ikut mendampingi Bupati Surya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil), Rahmanto.

Rahmanto mengatakan, Adminduk merupakan perpanjangan tangan Disdukcapil kecamatan - Kecamatan yang ditunjuk. Layanan ini berfungsi mendekatkan pelayanan admnistrasi kependudukan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang jauh pusat pelayanan. 

Target sebaran Aminduk hingga tahun 2026 tersebari di 4 titik, Kecamatan Pulau Rakyat mencakup 6 Kecamatan disekitarnya, yaitu Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Aek ledong, Kecamatan Aek Kuasan, Kecamatan Bandar Pulau, Kecamatan Aek Songsongan, dan Kecamatan Rahuning.

Rahmanto berharap penempatan titik layanan di Kecamatan Buntu dapat mengcover kebutuhan layanan administrasi kependudukan masyarakat untuk Kecamatan Buntu Pane, Kecamatan Tinggi Raja, Kecamatan Setia Janji dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.

Dalam kesempatan ini, Bupati Surya menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Indentitas Anak (KIA) secara simbolis yang disaksikan Camat Buntu Pane, Tinggi Raja, Setia Janji, Bandar Pasir Mandoge, Forkopimcam Buntu Pane.

Bupati mengatakan, penempatan titik layanan di Kecamatan Buntu Pane ini bukanlah tanpa alasan, pihak Disdukcapil telah melakukan kajian yang mendalam terkait dengan efektifitas dan efisiensi proses pelayanan yang akan dilakukan nantinya, mulai dari pertimbangan jarak tempuh dengan titik pusat pelayanan, dukungan sarana dan prasarana jaringan listrik dan internet yang dibutuhkan untuk proses pelayanan, hingga kompetensi aparatur yang akan melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan adanya pelayanan Adminduk di Kecamatan Buntu Pane, Bupati berharap hal ini dapat mejadi kabar baik bagi masyarakat yang rentan administrasi kependudukan, karena melalui inovasi ini segala akses pelayanan yang berhubungan dengan dokumen kependudukan dapat diperoleh dengan lebih mengefisienkan waktu dan jarak bagi masyarakat. 

Bupati berpesan kepada Camat Buntu Pane, agar lebin aktif untuk mempersiapkan lokasi  pelayanan yang lebih nyaman bagi masyarakat yang datang untuk mengurus dokumen kependudukannya dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan lokasi parkir yang teratur.  

"Semoga inovasi yang dilahirkan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Asahan dengan harapan melalui terlengkapinya dokumen kependudukan maka tingkat kesejahteraan masyarakat Asahan dapat lebih baik," harap Bupati. (Ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com