Prajurit TNI AU HAD Dilatih Ground Handling Metode Alpine Paralayang

Sebarkan:
Prajurit TNI AU HAD Dilatih Ground Handling Metode Alpine Paralayang. (foto/ist)
BENGKAYANG (MM) - Prajurit Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri (HAD) mengikuti pendidikan dan Latihan (Diklat) Paralayang di runway Lanud HAD Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bangkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu kemarin.

Danlanud HAD Letkol (NAV) WP Pujo Wahono mengatakan, materi ilmu dasar ground handling metode Alpine Paralayang dibawah instruksi pelatih Syamsul Hadi dan Haris sebagai instruktur fasi paradigling/paralayang Pempov Jatim. Peserta diklat sebanyak 10 orang.

Materi ilmu dasar ground handling paralayang meliputi pengenalan teori dasar terkait meteorologi (cuaca dan angin), pengenalan perlengkapan (harnest dan parasut) dan melaksanakan ground handling (alpine). 

Syamsul Hadi menjelaskan, ground handling dilakukan di darat setelah gerakan dasar dikuasai, selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta adalah mempelajari teknik-teknik bagaimana mengendalikan payung dan mengukur akurasi mendarat.

Ground handling merupakan latihan dasar untuk melambungkan parasut sebelum melakukan first jump dan take off, dimana ground handling bagi pemula biasanya dilakukan di lapangan, itu pun latihannya dibantu instruktur atau para senior. 

“Pilot yang sudah mahir dalam hal memainkan paralayang, di awal latihan seringkali menggunakan parasut yang lebih ringan untuk para pemula,” ujarnya

Harapannya melalui pelatihan ini, para peserta Diklat Paralayang mengerti dan memahami materi yang telah diberikan, serta dapat memperagakanya satu persatu dengan baik dan benar.(subari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com