TNI AL Tangkap Nakhoda Kapal Selundupkan 45 Kg Sabu Asal Thailand

Sebarkan:
BELAWAN (MM) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal-1) melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe, menggagalkan penyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 45 Kg dari Thailand. Penyelundupan ini digagalkan di Perairan Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Panglima Komando Armada-1, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, mengatakan, penyelundupan sabu sebanyak 43 Bungkus atau 45 Kg merupakan hasil informasi dan penyelidikan tim intelijen Lantamal-1 dan F1QR Lanal Lhokseumawe.

“Berdasarkan informasi itu, Danlanal Lhokseumawe Kolonel (Mar) Dian Suryansyah bersama sejumlah personel melakukan penyelidikan dan pengembangan di perairan. Pada hari Sabtu (24/12/2022), tim memantau sebuah perahu melintas di Kuala Meuraksa Pusong, Lhokseumawe, langsung melakukan penyergapan,” kata Arsyad didampingi Danlatamal-1 Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dan Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah, di Mako Lantamal-1 Belawan, Senin (26/12/2022).

Tim Patroli Lanal Lhokseumawe, lanjut Arsyad, mengejar dan mengamankan perahu tersebut. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan sabu sebanyak 43 bungkus di perahu yang dibawa tersangka berinsial MN (23), rencananya akan dijual kepada seorang bandar di Lhokseumawe, Aceh, yang kini masih dilakukan penyelidikan Kepolisian.

“Pada saat perahu mau kita amankan untuk dibawa ke darat, perahu tersebut bocor dan tenggelam. Lantas, petugas membawa barang bukti dan tersangka ke menuju Pelabuhan Krueng Geukeuh untuk diproses lebih lanjut,” ujar Arsyad di hadapan sejumlah pejabat dari Polda Sumut, Kodam I/BB, Kejatisu dan BNN Sumut serta Kesyahbandaran Utama Belawan.

Dari hasil pemeriksaan melalui laboratorium Bea Cukai Banda Aceh, sejumlah barang bukti tersebut benar Narkoba jenis sabu dengan kandungan amfetamin. "Tersangka yang kita tangkap merangkap nahkhoda dan hanya bertugas sebagai pembawa," tandasnya.

Barang bukti dan tersangka, kata Arsyad, akan segera dilimpahkan ke Bea Cukai Banda Aceh. (awal yatim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini