Polisi Edukasi Wisatawan Pungut Sampah di Candi Batang Bahal

Sebarkan:
Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak ajak wisatawan bersih-bersih destinasi wisata di Candi Bahal Paluta, Sumut. (foto:mm/ist)
PALUTA (MM) – Guna menciptakan dan menanamkan budaya bersih, sejumlah polisi mengajak para wisatawan untuk memungut sampah di Komplek Candi Batang Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Minggu (22/1/2023).

Dengan humanis, sejumlah polisi yang merupakan Bhabinkamtibmas dari Polsek Padang Bolak itu mengajak wisatawan aksi bersih-bersih di areal Candi Batang Bahal. Karena ajakan para Bhabinkamtibmas itu bernilai positif, wisatawan dengan suka rela ikut serta memunguti sampah.

“Ayo kita sama-sama bersihkan sampah ini, Bu. Supaya, Candi Batang Bahal ini tetap indah dan bersih,” ajak salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Aipda Martua Siregar, sembari melempar senyum ke wisatawan.

Semula, hanya beberapa wisatawan saja yang ikut memunguti sampah. Namun, lantaran aksi itu terlihat baik di mata wisatawan lain, akhirnya jumlah yang memunguti sampah tidak sedikit.

“Jika kita disiplin dalam hal kebersihan di Objek Wisata, tentunya akan berdampak positif. Sebab, kalau bukan kita yang merawat dan membersihkan Candi Batang Bahal ini, maka siapa lagi?” kata Aipda Martua.

Dalam kesempatan itu, Aipda Martua juga berpesan ke para wisatawan agar selalu menjaga kebersihan. Dan, jangan lupa, membuang sampah pada tempatnya, saat berkunjung di Candi Batang Bahal. Menurutnya, semua pihak harus berupaya untuk melestarikan Candi Batang Bahal, termasuk masyarakat.

“Karena, kita menginginkan anak cucu kita nanti, juga bisa melihat keistimewaan Candi Batang Bahal. Di mana, Candi Batang Bahal, sebagai bukti sejarah peradaban Indonesia masa dulu yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara ini,” tandas Aipda Martua. (Bambang Ginting)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com